TUHAN AKAN MEMBUAT YANG BARU

Kamis,11 April 2024

BACAAN ALKITAB HARI INI

Yesaya 43:18-19

BACAAN ALKITAB SETAHUN

AYAT HAFALAN

Yesaya 43:19

RENUNGAN INSPIRASI

Dalam hidup ini, setiap kita akan diperhadapkan dengan berbagai masalah yang sulit, bahkan keadaan yang tak bisa diubah, untuk mengajarkan kita bagaimana seharusnya kita memandang kepada Tuhan. Seperti yang telah diajarkan Tuhan kepada umat-Nya, bagaimana Ia mengalihkan fokus kita dari masalah yang besar kepada Tuhan kita yang besar.
Bangsa Israel pernah menghadapi masa-masa yang kelam. Itu adalah saat mereka berada di pembuangan, tinggal di tempat asing, dan melewati masa-masa penghukuman. Tetapi Tuhan meneguhkan mereka dengan sebuah pengharapan bahwa Ia akan membuat sesuatu yang baru dalam hidup mereka. Tuhan bahkan mengatakan akan membuat jalan di padang gurun dan sungai-sungai besar di padang belantara. Ini adalah perkara-perkara yang mustahil, dan inilah janji Tuhan! Bila kita perhatikan ayat sebelumnya, Tuhan meminta mereka untuk tidak mengingat-ingat dan tidak memperhatikan hal-hal yang dahulu. Ini berarti mereka harus mengubah perspektif mereka. Dari hal-hal yang telah terjadi, bahkan keadaan-keadaan yang pahit sekali pun, kepada hal-hal yang sedang Tuhan kerjakan bagi masa depannya. Ketika Tuhan memberi pernyataan hendak membuat sesuatu yang baru, Ia bertanya, "Belumkah kamu mengetahuinya?" Kata "mengetahui" ini dalam bahasa aslinya mengacu kepada pengetahuan yang didasari oleh pengenalan yang mendalam, bukan hanya sekadar tahu. Jadi dari sini kita tahu, bahwa karya Tuhan untuk melakukan sesuatu yang baru di dalam hidup kita dapat diperoleh melalui hubungan yang intim dengan-Nya. Hari-hari ini, keadaan apa yang membuat hidup Anda begitu suram? Apakah itu tampak mustahil? Jangan melihat ke belakang. Kita tak akan bisa melihat karya Tuhan jika kita fokus terhadap hal-hal yang membuat kita kecewa di masa lalu. Fokuslah kepada Tuhan! Mari kita tidak sekedar mengetahui, tetapi mengenali siapa Tuhan kita, mengenali kebaikan dan kesetiaan-Nya, serta kuasa-Nya. Sehingga di tengah-tengah keadaan kita yang gagal, dalam rencana-rencana kita yang hancur, kita tetap berpengharapan kepada Tuhan, yang akan selalu bekerja mendatangkan kebaikan bagi hidup kita, dengan cara-Nya yang ajaib. [RS]

REFLEKSI DIRI

1. Sudahkah Anda meyakini bahwa Tuhan akan mengerjakan hal-hal baru di depan Anda terlepas dari keadaan Anda yang begitu suram di saat ini? 2. Kendala apa yang Anda hadapi sehingga sulit untuk mempercayai bahwa Tuhan sanggup mengerjakan hal-hal baru di masa depan Anda?

POKOK DOA

Ya Tuhan, aku percaya Engkau hendak membuat sesuatu yang baru. Ya, bahwa Engkau hendak membuat jalan di padang gurun dan sungai-sungai di padang belantara, serta membuat hal-hal yang mustahil menjadi mungkin. Ini doaku! Dalam nama Yesus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Tetap imani bahwa Tuhan sedang dan akan mengerjakan hal-hal baru di hadapan Anda betapa pun sulitnya keadaan Anda di saat ini.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com