WHAT’S NEXT?

Rabu,01 Juli 2020

BACAAN ALKITAB HARI INI

Yosua 1:1-18

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Amsal 25

AYAT HAFALAN

Yosua 1:6

RENUNGAN INSPIRASI

Aksara Mandarin adalah salah satu aksara di dunia yang cukup tua usianya yang memiliki makna yang dalam di setiap goresan yang membentuk kata. Dalam aksara Mandarin, kata “krisis” (wéijī, 危機) dibentuk dari dua huruf yang masing-masing memiliki makna yang luar biasa, yaitu “wéi” 危 yang memiliki arti “bahaya” atau “danger” (wéixiǎn, 危險) dan “jī” 機 yang memiliki arti “kesempatan” atau “opportunity” (jīhuì, 機會). “Krisis” di dalam aksara Mandarin mengandung “kesempatan” atau “opportunity”, dan sebelum kita bisa meraih kesempatan itu, kita harus bertahan dalam menghadapi “bahaya” yang ada di hadapan kita. 
Sebelum bangsa Israel masuk ke Tanah Perjanjian, mereka dihadapkan pada krisis yang cukup besar. Musa, yang memimpin mereka keluar dari Mesir dan selama 40 tahun bersama-sama mereka di padang gurun, meninggal dunia. Yosua, abdi Musa, kini harus memikul tanggung jawab yang besar untuk memimpin bangsa Israel untuk masuk ke Tanah Perjanjian. Yosua adalah salah satu dua belas pengintai yang diutus Musa untuk memata-matai keadaan Tanah Perjanjian. Yosua tahu ada berkat yang luar biasa menanti mereka, tetapi sebelum itu mereka harus mengatasi tantangan yang tidak kecil, ada sungai Yordan yang harus mereka seberangi, ada banyak suku bangsa dengan kotanya yang berkubu yang harus mereka kalahkan. Saat ini, hampir semua orang dilanda krisis. Banyak dari kita yang bertanya-tanya: “What next?” Apa yang akan terjadi setelah ini? Apakah kehidupan akan kembali seperti semula lagi? Tidak ada seorang pun yang tahu apa yang akan terjadi besok, minggu depan atau bulan depan. Namun, satu hal yang pasti adalah kehidupan harus terus berjalan. Yang terpenting untuk kita ketahui adalah bahwa Tuhan selalu menyertai kita. Seperti Yosua yang menguatkan hatinya untuk maju menuju Tanah Perjanjian bersama dengan Tuhan, marilah kita juga menguatkan hati kita untuk terus berjalan hari lepas hari bersama dengan Tuhan. Krisis adalah kesempatan yang tersembunyi dibalik tantangan. Marilah kita menguatkan hati, tetap melangkah dalam iman dan tetap percaya bahwa Tuhan pasti telah menyediakan yang terbaik bagi kita. [HS | 慧祥]

REFLEKSI DIRI

1. Tantangan atau masalah apa yang sedang Anda hadapi saat ini?
2. Apa janji Tuhan yang Anda imani hari ini dalam menghadapi hari esok?

POKOK DOA

Bapa sorgawi, aku percaya bahwa penyertaan-Mu sempurna. Aku akan terus melangkah bersama-Mu, karena aku yakin dibalik setiap krisis yang kualami pasti ada kesempatan dan berkat yang besar yang Tuhan sudah sediakan bagiku. Pimpinlah hidupku untuk berjalan dalam rencana-Mu. Dalam nama Tuhan Yesus aku berdoa. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Kuatkanlah dan teguhkanlah hatimu. Percayalah bahwa dibalik krisis pasti ada kesempatan yang besar.

HIKMAT HARI INI

“Success is not final, failure is not fatal: it is the courage to continue that counts.” –Sir Winston Churchill
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com