IS IT TRUE? IS IT KIND? IS IT NECESSARY?

Sabtu,04 Juli 2020

BACAAN ALKITAB HARI INI

Efesus 4:29-32

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Amsal 28

AYAT HAFALAN

Efesus 4:29

RENUNGAN INSPIRASI

Kita selalu punya pendapat. Kita selalu punya pemikiran. Kita juga memiliki banyak kata untuk diucapkan. Namun terkadang kita terlalu cepat dan terlalu banyak dalam mengucapkan kata-kata. Jika kita tidak hati-hati dengan kata-kata kita, kata-kata dapat membawa masalah. Jadi, sebelum Anda mengatakan apa yang Anda pikirkan, berhenti sebentar dan tanyakan kepada diri Anda sendiri 3 pertanyaan ini: apakah kata-kata saya benar, apakah perlu saya mengatakannya, apakah kata-kata saya akan membawa kebaikan.
    Sering kali pula kita sebagai orang percaya memberikan pembenaran untuk kritik kasar dan menjengkelkan orang dengan keyakinan bahwa kebenaran harus disampaikan. Bayangkan Anda sedang berkendara mobil dengan keluarga Anda. Tiba-tiba ada mobil yang dikemudikan dengan sembarangan. Apakah Anda perlu untuk memberi komentar negatif tentang pengendara tersebut, seseorang yang dibuat menurut gambar Allah dan yang belum pernah Anda temui? Apa akan menjadi contoh yang baik bagi anak-anak Anda? Ayat hafalan hari ini mengingatkan kepada kita agar perkataan kita digunakan untuk membangun dan didorong oleh kasih. Ingatlah kata-kata yang keluar dari mulut Anda tidak bisa dibatalkan. Libatkan pikiran Anda sebelum Anda menggunakan mulut Anda untuk berbicara. Muliakan Tuhan dengan setiap kata yang Anda katakan dan interaksi yang Anda miliki. Atur pikiran dan pendapat Anda sesuai dengan firman Tuhan. [EH]

REFLEKSI DIRI

1. Apakah sebagai orang percaya kita perlu untuk selalu menyampaikan kebenaran?
2. Apa yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kata-kata Anda agar selalu dapat membangun, berdasarkan kasih dan memuliakan Tuhan?

POKOK DOA

Tuhan, aku ingin agar kata-kataku selalu mencerminkan Engkau hidup dalam diriku. Ajar aku untuk memuliakan Engkau dalam setiap perkataan yang aku ucapkan. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Filter perkataan Anda dengan 3 pertanyaan: apakah benar, apakah baik, apakah perlu?

HIKMAT HARI INI

“Men of few words are the best men." ― William Shakespeare, Henry V
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com