SLOW LIVING

Selasa,07 Juli 2020

BACAAN ALKITAB HARI INI

Pengkhotbah 3:1-15

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Amsal 31

AYAT HAFALAN

Pengkhotbah 3:13

RENUNGAN INSPIRASI

Slow lifestyle adalah konsep gaya hidup yang mulai digemari dalam beberapa tahun terakhir ini. Kita hidup di dunia yang sangat memuja kecepatan hingga terciptalah makanan cepat saji, kelas akselerasi, teknik membaca cepat dan obsesi untuk cepat kaya. Kita hidup dalam ritme yang begitu cepat sehingga selalu terasa terburu-buru. Selalu ada saja hal yang perlu dikerjakan, selalu ada tempat yang perlu dituju, selalu ada sesuatu yang dikejar dan selalu hidup untuk masa depan. Slow lifestyle bukan berarti Anda melakukan segalanya dengan lambat, namun melakukan segala sesuatunya dalam kecepatan yang pas, tidak asal cepat saja. Slow lifestyle juga lebih fokus pada menikmati proses dibandingkan hanya mencapai tujuan dalam waktu sesingkat-singkatnya.  
Tanpa kita sadari kehidupan rohani pun sering kita lakukan dengan terburu-buru. Terburu-buru membaca alkitab karena ada pekerjaan yang belum selesai, terburu-buru saat teduh karena harus segera bersiap-siap pergi kerja, terburu-buru ingin ibadah cepat selesai karena ada acara selanjutnya. Pengkhotbah 3:1 mengingatkan kita bahwa untuk segala sesuatu di bumi ini ada waktunya. Ada waktu untuk bergerak cepat, namun ada waktu juga untuk bergerak dengan perlahan. Beribadahlah dengan tenang, saat teduhlah dalam tenang, bacalah alkitab tanpa rasa diburu-buru. Jangan hidup selalu terburu-buru demi masa depan hingga Anda gagal menikmati masa sekarang. Ketahuilah bahwa Allah menciptakan segala sesuatunya untuk kita nikmati juga (Pengkhotbah 3:13). Seperti layaknya keindahan bunga di taman tidak akan bisa Anda nikmati jika Anda berjalan terlalu cepat. [EV]

REFLEKSI DIRI

1. Bagaimana cara Anda menjalani hidup selama ini, apakah selalu di jalur cepat atau sesekali bisa berpindah ke jalur lambat?
2. Apa saja tantangan untuk bisa slow living with God?

POKOK DOA

Bapa, ampuni aku yang sering terburu-buru bahkan untuk kehidupan rohaniku. Bimbingku, ya Roh Kudus, untuk bisa menikmati segala proses, waktu dan keindahan yang Tuhan telah anugerahkan. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Ubah kebiasaan hidup terburu-buru. Atur kecepatan Anda sehingga Anda bisa menikmati setiap waktu dan keindahan yang Tuhan anugerahkan dengan sepenuh hati.

HIKMAT HARI INI

Fika (feeka. Swedish): a moment to slow down and appreciate the good things in life.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com