MELAYANI SEPERTI EPAFRODITUS

Kamis,09 Juli 2020

BACAAN ALKITAB HARI INI

Filipi 2:25-30

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Pengkhotbah 2

AYAT HAFALAN

Filipi 2:26

RENUNGAN INSPIRASI

Dalam bacaan Alkitab hari ini diceritakan bahwa Epafroditus begitu memikirkan jemaat di Filipi. Bahkan Paulus berkata bahwa ia sangat rindu, bersusah hati hingga sakit. Ia begitu memikirkan jemaat, karena banyak orang yang mencoba mengganggu iman mereka. Di akhir tulisan Paulus tentang Epafroditus dikatakan, “Sebab oleh karena pekerjaan Kristus ia nyaris mati dan ia mempertaruhkan jiwanya untuk memenuhi apa yang masih kurang dalam pelayananmu kepadaku.” Kata “mempertaruhkan jiwa” berarti ia tidak tahu dengan apa yang akan terjadi dengan hidupnya, ia hanya tahu bahwa pekerjaan Allah harus dikerjakan. Epafroditus tahu arti dari melayani Tuhan bukan tentang kenyamanan dan kenikmatan pribadi, melainkan kepentingan Allah sendiri. Kehadiran orang seperti Epafroditus juga menjadi penghiburan bagi Paulus untuk sama-sama berjuang dalam pelayanan.

            Mari teladani Epafroditus. Sudahkah pelayanan kita memberi dampak bagi sesama dan berfokus pada kepentingan Allah saja? Atau masih adakah motif lain dari pelayanan yang kita lakukan? Layanilah Tuhan dan sesama dengan serius, karena kita memang dipanggil untuk melayani. Mari sejenak matikan ego kita, dan berpikir apa yang dapat kita perbuat bagi Tuhan dan sesama melalui pelayanan kita. Melayanilah seperti Epafroditus, Paulus, bahkan Tuhan Yesus yang juga mempertaruhkan jiwa-Nya. [LS]

REFLEKSI DIRI

1. Pelayanan apa yang Anda lakukan saat ini?
2. Apa motif terdalam dari pelayanan yang Anda lakukan? Sudahkah pelayanan itu menjadi berkat bagi Tuhan dan sesama?

POKOK DOA

Tuhan Yesus, ampuni aku jika selama ini pelayananku menyimpan kesalahan. Singkapkan motifku yang sesungguhnya, koreksi jika aku masih mengutamakan kepentingan pribadi. Di dalam nama Tuhan Yesus aku berdoa. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Matikan motif yang salah dalam pelayanan. Pelayanan kita harus berfokus pada kepentingan Tuhan.

HIKMAT HARI INI

“I serve God, and my purpose is to please Him, and if God be for you, who can be against you?” – Benjamin Carson
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com