DI MANA PERUBAHAN BERMULA?

Minggu,18 Oktober 2020

BACAAN ALKITAB HARI INI

Efesus 4:22-23

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Yeremia 17

AYAT HAFALAN

Efesus 4:22-23

RENUNGAN INSPIRASI

Bagaimanakah hidup dan kebiasaan buruk kita bisa berubah? Mungkin ini menjadi pertanyaan yang sering muncul dalam benak kita. Bacaan firman hari ini memberitahu kunci pembaharuan di dalam hidup ini adalah melalui roh dan pikiran kita, karena pikiran kita adalah pusat penggerak tindakan. Untuk bisa dibaharui di dalam roh dan pikiran, kita harus meninggalkan kebiasaan lama yang merusak hidup kita. Lalu di manakah perubahan itu bermula? Pada awalnya, perubahan itu bermula dari titik kesadaran kita. Titik di mana kita menyadari ketidakberdayaan, keberdosaan, kelemahan, bahkan kerusakan kita. Perubahan adalah sesuatu yang harus berasal dari dalam ke luar. Kyle Idleman berkata, “Semakin Anda tidak bisa melihat bahwa diri Anda sendiri rusak, semakin berat kerusakan Anda.” Inilah satu fakta bahwa Yesus hanya bisa merubah karakter kita, saat kita menyadari ketidakberdayaan dan kerusakan itu.

Ketika wanita yang mengurapi kaki Yesus datang dengan segala keberdosaannya, kala Zakheus si kaya raya mencari Yesus di dalam keterbatasannya, saat Daud memohon pemulihan di dalam penyesalan terdalamnya, tatkala perempuan Samaria dengan jujur menyatakan statusnya dan kebutuhan hidupnya, di sanalah Tuhan mengubahkan kehidupan mereka. Di dalam kehidupan, setiap kita tentu mengharapkan perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik. Dibutuhkan kesadaran diri untuk bisa mengalami perubahan hidup. Sementara hidup kita berubah, proses yang kita jalani akan terus berjalan. Sejatinya hidup kekristenan kita akan terus mengalami perubahan ke arah yang lebih baik seperti yang disampaikan oleh Paulus. “Sekarang semua sikap dan pikiran Saudara harus selalu menjadi makin baik. (Efesus 4:23 FAYH). Inilah pola pikir yang harus kita miliki, niscaya hidup kita pun akan terus mengalami perubahan menuju kepada karakter Kristus. [RS]

REFLEKSI DIRI

1. Sudahkah Anda mengalami perubahan setelah mengenal Yesus?
2. Mengapa Anda harus berubah ke arah yang semakin baik?

POKOK DOA

Bapa di sorga, seperti firman-Mu aku mau hidupku semakin berubah ke arah yang lebih baik. Mampukan aku untuk terus menyadari hal ini. Di dalam nama Tuhan Yesus, aku berdoa. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Sadarilah bahwa ketika kita telah menjadi orang percaya, maka semua sikap dan pikiran harus selalu menjadi makin baik.

HIKMAT HARI INI

“All change comes from deepening your understanding of the salvation of Christ and living out the changes that understanding creates in your heart.” - Tim Keller
“Semua perubahan bermula ketika Anda memperdalam pemahaman tentang keselamatan Kristus dan menjalani perubahan yang diciptakan pemahaman di dalam hati Anda.”
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com