GLORIOUS ENCOUNTER

Minggu,01 November 2020

BACAAN ALKITAB HARI INI

Yesaya 6:1-8

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Yeremia 31

AYAT HAFALAN

Keluaran 33:11

RENUNGAN INSPIRASI

Kita akan coba menelaah kepingan-kepingan glorious encounter dalam kehidupan Musa (Keluaran 1-3). Dimulai dari ketika ia lahir, bertemu puteri Firaun, bertemu dengan Allah secara pribadi ketika melihat semak yang terbakar di mana ia menerima panggilan Tuhan untuk membebaskan bangsa Israel. Setiap pertemuan membawanya kepada pertemuan yang lain. Dalam kehidupan Musa selanjutnya, ia masih mengalami banyak pertemuan, termasuk bertemu orang-orang yang sulit disertai berbagai tantangan dan masalah, yang membuat Musa rutin bertemu Allah untuk meminta pertolongan-Nya, dan menyaksikan banyak mujizat dan kebesaran Allah dinyatakan. Di sini kita melihat bahwa pertemuan pribadi dengan Tuhan dapat mengubahkan pandangan dan jalan hidup secara luar biasa. Salomo bertemu secara pribadi dengan Tuhan ketika mempersembahkan korban dan ia kemudian meminta hikmat dan mendapatkannya. Nabi Yesaya tersungkur jatuh dan merasa bibirnya najis ketika berdiri langsung di hadapan takhta Allah. 
Bagaimana dengan Anda? Pernahkah Anda berusaha mencari Tuhan agar dapat bertemu secara pribadi dengan-Nya? Mungkin pertemuan Anda dengan Tuhan tidak spektakuler seperti yang dialami tokoh-tokoh di Alkitab. Namun, pertemuan dengan Tuhan tidak perlu spektakuler.  Panggilan Tuhan bisa datang dengan cara yang sederhana. Ia bisa memanggil kita melalui mentor rohani, teman, khotbah singkat yang kita dengar, bahkan melalui bacaan yang sedang kita tekuni sekarang. Yesus pun memanggil murid-murid dengan ajakan yang sederhana. Pertemuan dengan Tuhan juga dapat dialami melalui masalah atau kejadian tidak mengenakkan, seperti Paulus yang bertemu dengan Tuhan lewat hardikan dan kebutaan yang ia alami untuk sementara. Ada berbagai  cara yang Tuhan pakai untuk memanggil umat-Nya. Hargailah setiap pertemuan dalam hidup, sebab tidak ada satu pun yang kebetulan. Renungkan pertemuan-pertemuan yang telah kita alami dalam hidup kita ini dan lihatlah bagaimana Tuhan bekerja dalam kehidupan kita. Mungkin ada diantara kita yang merasa lahir dan “bertemu” keluarga yang salah, bertemu dengan orang-orang yang salah, tetapi ketahuilah Tuhan punya cara tersendiri untuk memanggil kita. Semua sudah dirancang Tuhan untuk kehidupan kita agar kita dapat bertemu dengan Dia secara pribadi. Pertanyaannya, bagaimana kita meresponi panggilan itu? Apakah Anda siap ketika Tuhan melakukan encounter dengan Anda? Satu hal yang kita tahu: Pertemuan dengan Tuhan akan mengubah segalanya. [JA&EH]

REFLEKSI DIRI

1. Apakah Anda sudah pernah mengalami perjumpaan pribadi dengan Tuhan yang mengubah hidup Anda?
2. Jika Anda renungkan pertemuan-pertemuan yang Anda alami, apakah sekarang Anda dapat berkata Tuhan turut bekerja dalam hidup Anda?

POKOK DOA

Tuhan, aku mengerti kalau Engkau bisa berbicara kepadaku lewat siapapun dengan cara apapun. Biarlah hatiku peka akan panggilan-Mu. Aku pun ingin sekali mengalami perjumpaan pribadi dengan-Mu dan menerima panggilan-Mu. Terimakasih, ya Tuhan, Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Kejarlah pertemuan pribadi dengan Tuhan dan bukalah hati Anda untuk diubahkan.

HIKMAT HARI INI

“Saat kita mempelajari firman Tuhan, kita dapat mengantisipasi untuk benar-benar bertemu dengan Tuhan.” – Pastor Aiden Wilson Tozer.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com