AGAR IMAN TIDAK KANDAS

Senin,02 November 2020

BACAAN ALKITAB HARI INI

1 Timotius 1:18-20

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Yeremia 32

AYAT HAFALAN

1 Timotius 1:19

RENUNGAN INSPIRASI

Bron Clifford ada bersama dengan Billy Graham pada saat Graham pertama kalinya menyampaikan khotbah di hadapan jemaat tahun 1945. Bron Clifford dan Billy Graham menjadi pria muda yang terkenal di usia 20-an. Bron yang tampan, tinggi, dan cerdas, dikenal sebagai penginjil yang bertalenta dan berapi-api. Orang rela antri berjam-jam untuk mendengarnya, bahkan ketika memberikan seminar disertasi tentang Christ and the Philosopher’s Stone di Universitas Baylor, orang-orang memotong tali lonceng menara agar tidak mengganggu Bron selama 2,5 jam. Usianya menginjak 25 tahun ketika penghasilannya mencapai 10.000 dollar per minggu, dan menjadi salah satu orang yang paling berpengaruh dan didengar para pemimpin di Amerika. Sayangnya, tidak sampai 10 tahun, semua yang dimilikinya lenyap. Bron kehilangan keluarga, pelayanan, bahkan hidupnya karena ia kecanduan alkohol. Ia meninggal karena sirosis hati di sebuah losmen kumuh di tepi kota Amarillo, Texas.
Kisah ini menjadi teguran telak bahwa karisma dan kapabilitas yang menjanjikan tidak dapat bertahan tanpa komitmen untuk hidup tanpa kompromi dan penguasaan diri. Steve Farrar dalam bukunya yang berjudul Finishing Strong mengatakan banyak orang menjauh dari Tuhan karena kompromi moral, memanjakan dosa, memeluk teologi liberal, dan terobsesi dengan harta. Rasul Paulus sendiri mengatakan bahwa seseorang dapat menolak hati nuraninya yang benar, dan ini yang menyebabkan iman perlahan kandas. Oleh karena itu, Rasul Paulus berpesan kepada anak didiknya, Timotius, untuk memperjuangkan iman percaya dan selalu menjaga hati nurani yang bersih dengan cara tetap melakukan hal-hal yang benar. Bron Clifford tidak kehilangan segalanya dalam semalam, namun kepercayaannya mulai tergerus saat ia mulai berkompromi dengan dosa dan menolak hati nuraninya yang murni. [LS]
 

REFLEKSI DIRI

1. Tindakan apa yang telah Anda lakukan untuk memastikan Anda tidak menjauh dari Kristus?
2. Bagaimana caranya agar kita dapat selalu menjaga kemurnian hati nurani kita?

POKOK DOA

Tuhan, aku mengerti sekarang betapa bahayanya ketika aku mulai berkompromi dengan hal-hal yang tidak bermoral, dosa, dan harta. Pimpin terus langkahku agar aku dapat menyelesaikan pertandingan imanku sampai akhir. Terima kasih Tuhan. Haleluya, Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Memperjuangkan iman percaya dengan cara hidup tanpa kompromi dan selalu menjaga hati nurani yang bersih dengan cara tetap melakukan hal-hal yang benar.

HIKMAT HARI INI

Kehidupan Kristen bukanlah lari cepat 100 meter, melainkan lari marathon yang membutuhkan konsistensi untuk waktu yang lama.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com