HOBI MENIMBUN BARANG

Selasa,10 November 2020

BACAAN ALKITAB HARI INI

Matius 10:9-10

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Yeremia 40

AYAT HAFALAN

1 Korintus 10:23

RENUNGAN INSPIRASI

Orang-orang yang memiliki hoarding disorder gemar menimbun barang hingga ruangannya menjadi penuh sesak, padahal sebenarnya barang-barang itu tidak terlalu dibutuhkan, tidak terpakai, bahkan tidak pernah dicari-cari dalam beberapa kurun waktu. Beberapa alasan diantaranya karena barang-barang tersebut bersejarah atau memiliki nilai sentimental, dan dianggap akan berguna di kemudian hari. Tetapi sebenarnya timbunan barang ini hanya akan memenuhi ruangan, membuat ruang gerak menjadi terbatas, dan membawa dampak buruk bagi kesehatan. 
Anda memerlukan upaya kognitif (kegiatan mental yang melibatkan otak) untuk memutuskan apa yang perlu dan tidak perlu, serta pandangan yang benar tentang sebuah kebutuhan. Kepada kedua belas murid, Yesus memerintahkan mereka untuk membatasi bawaan mereka terbatas pada keperluan dasar saja. Mereka tidak boleh berlambat-lambat dan memusingkan hal-hal remeh. Yesus adalah pribadi yang tidak pernah direpotkan dengan banyak hal di sepanjang hidup-Nya. Tidak pernah ada hal-hal yang membatasi ruang gerak, pikiran, perasaan, dan emosi-Nya. Bahkan tubuh-Nya yang disalibkan di atas kayu salib menjadi simbol kesempurnaan-Nya dalam kesederhanaan. Mintalah kepada Tuhan agar Anda dimampukan memilah dan memutuskan apa saja yang harus dibuang atau disimpan. Belajarlah untuk menolak dorongan untuk menimbun lebih banyak barang, sebab selalu ada berkat yang baru. Hal yang tidak kalah penting adalah barang-barang yang kita timbun bisa saja menjadi berkat bagi orang lain yang membutuhkan. [LS]

REFLEKSI DIRI

1. Apakah Anda termasuk orang yang gemar menimbun barang atau ada teman Anda yang melakukannya? Apa yang sudah Anda lakukan untuk mengatasinya?
2. Apa alasan yang paling berat ketika Anda menimbun barang? Pikirkan apa manfaatnya? Bukankah selalu ada berkat baru yang Tuhan sediakan?

POKOK DOA

Terima kasih Bapa untuk hikmat hari ini. Berikan aku kebijaksanaan untuk memilah mana yang perlu dan tidak perlu. Aku ingin hidup seperti-Mu yang tidak pernah direpotkan oleh apapun dan justru sempurna di dalam kesederhanaan. Di dalam nama Tuhan Yesus aku berdoa. Haleluya. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Ubah paradigma Anda tentang kebutuhan. Kebutuhan selalu berbicara hal-hal yang simple dan sederhana, karena tidak semua hal Anda butuhkan.

HIKMAT HARI INI

Ketika ada satu baju baru masuk lemari, satu baju lama harus keluar lemari.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com