BERNYANYILAH UNTUK TUHAN!

Kamis,12 November 2020

BACAAN ALKITAB HARI INI

Kisah Para Rasul 16:22-26

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Yeremia 42

AYAT HAFALAN

Efesus 5:19

RENUNGAN INSPIRASI

Dalam dua dekade terakhir sejumlah peneliti berusaha menjabarkan mekanisme kejiwaan, fisik dan tingkah laku yang mengaitkan bernyanyi dengan kesehatan. Profesor Daisy Fancourt, dari University College London, mengatakan sejumlah perubahan terjadi di tubuh saat bernyanyi, kegiatan ini di antaranya dapat mengurangi hormon stres. 
Apakah Anda suka bernyanyi? Sebagian orang mungkin tidak suka bernyanyi karena menganggap suaranya kurang bagus, dan karena berbagai alasan lainnya. Faktanya, bernyanyi sangat berguna bagi kesehatan fisik. Secara rohani, menyanyikan pujian kepada Tuhan merupakan ekspresi iman dari orang-orang percaya. Setelah Paulus dan Silas dicambuk berkali-kali, mereka dimasukkan ke dalam penjara. Di sana mereka dibelenggu dan dijaga dengan ketat. Dalam situasi tertekan dan tidak memungkinkan untuk berbuat apa-apa, mereka malah berdoa dan menyanyikan pujian kepada Tuhan. Mereka bernyanyi sampai tawanan yang lain mendengarnya (Kisah Para Rasul 16:25). Akhirnya, melalui nyanyian tersebut Tuhan menyatakan mujizat-Nya. Belenggu mereka terlepas dan semua pintu penjara terbuka. Sebagai manusia, hidup kita erat dengan masalah. Akan ada situasi-situasi yang berpotensi membuat kita merasa lelah dan tertekan, tidak berdaya, bahkan tidak bisa berbuat apa-apa karena sepertinya tidak ada jalan keluar. Bila demikian terus-menerus kita pun bisa menjadi stres. Hari ini kita dapati ternyata bernyanyi dengan tulus dapat membangkitkan semangat bahkan menyatakan kuasa Tuhan. Maka dari itu, ada baiknya kita membiasakan diri untuk menyanyikan lagu-lagu pujian, yang pastinya akan menguatkan iman, menghibur diri di saat susah, dan menyatakan rasa syukur kepada Tuhan. Tuhan bersemayam di atas puji-pujian umat-Nya (Mazmur 22:3). Mari bernyanyilah untuk Tuhan! [RS]

REFLEKSI DIRI

1. Adakah hal yang membuat Anda sulit untuk bernyanyi bagi Tuhan?
2. Apa manfaat menyanyi bagi Tuhan baik secara fisik maupun rohani?

POKOK DOA

Ya Tuhanku, aku ingin memiliki hati yang terlatih untuk bersyukur dan percaya pada-Mu. Melalui nyanyian yang tulus, akan kunaikkan harapanku kepada-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus, aku berdoa. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Biasakanlah menyanyikan lagu-lagu rohani dengan tulus hati kepada Tuhan.

HIKMAT HARI INI

Nyanyikan apa yang kau rasakan, rasakan apa yang kau nyanyikan.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com