KETIKA DILANDA TAKUT

Senin,16 November 2020

BACAAN ALKITAB HARI INI

Mazmur 56:1-8

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Yeremia 46

AYAT HAFALAN

Mazmur 56:3-4

RENUNGAN INSPIRASI

Eddie Rickenbacker, pembalap mobil yang memecahkan rekor dunia di Daytona pada tahun 1914, juga adalah pilot yang mencapai kemenangan terbanyak melawan pasukan Jerman pada Perang Dunia I dan sekretaris penasihat perang khusus pada Perang Dunia II. Ia selamat dari kecelakaan pesawat setelah dua puluh dua hari terapung-apung di Samudera Pasifik ketika Perang Dunia II, dan dari banyak keadaan yang berbahaya lainnya. Ketika ditanya tentang keberaniannya, ia mengakui bahwa ia sebenarnya takut. Tetapi Rickenbacker berhasil mengatasi ketakutan-ketakutan tersebut. Ia mengatakan, “Keberanian adalah melakukan apa yang Anda takut lakukan. Takkan ada keberanian kecuali Anda takut.”
Kita tidak bisa menolak hal-hal yang menakutkan datang dalam hidup, tetapi sikap untuk menghadapi rasa takut tersebut adalah tanggung jawab kita. Mungkin kita takut menghadapi masa depan dengan segala keterbatasan kita, takut menghadapi penyakit yang tak kunjung sembuh, takut terhadap situasi ekonomi yang memburuk dan berbagai keadaan yang tak kunjung membaik. Ketika itu yang terjadi, sadarilah bahwa ketakutan adalah suatu perasaan yang muncul di dalam diri kita, yang membutuhkan penyelesaian di dalam jiwa dan batin kita. Sehebat apa pun ketakutan yang kita alami dalam hidup ini, kita harus belajar mengatasinya. Kita bisa belajar dari Raja Daud, ketika sedang berada di dalam ketakutan, ia memilih untuk percaya kepada Tuhan dan janji firman-Nya. Yesus juga telah menjadi teladan bagi kita. Ketika Ia mengalami ketakutan yang begitu dahsyat tatkala mendekati saat penyaliban-Nya, Ia berserah melalui doa kepada Bapa. Hari-hari ini, hal apa yang membuat Anda merasa takut? Berserah dan percayalah kepada Tuhan, serta berpeganglah pada janji firman-Nya. Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan. [RS]

REFLEKSI DIRI

1. Ketakutan apa yang sedang melanda di dalam hidup Anda saat-saat ini?
2. Bagaimana seharusnya cara mengatasi ketakutan tersebut?

POKOK DOA

Bapa di sorga, di saat aku sedang takut, kuatkanlah imanku, agar aku selalu menaruh kepercayaanku kepada-Mu dan janji firman-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus, aku berdoa. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Ketika dalam ketakutan percayalah kepada Tuhan dan janji firman-Nya.

HIKMAT HARI INI

“Keberanian adalah rasa takut yang telah disertai dengan doa.” – Karl Barth
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com