TUHAN MENYEGARKAN JIWAKU

Minggu,22 November 2020

BACAAN ALKITAB HARI INI

Mazmur 23:1-3

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Yeremia 52

AYAT HAFALAN

Mazmur 23:3

RENUNGAN INSPIRASI

Masa kini, mindfulness atau meditasi menjadi terapi bagi banyak orang. Hampir seluruh praktisi kesehatan mental pasti mengenal meditasi. Dalam bukunya Sane New World, Ruby Wax pakar neuroscience menuliskan bahwa meditasi dapat membantu seseorang untuk tenang. Meditasi membuat mereka fokus pada momen saat ini, bukan terjebak pada penyesalan masa lalu dan kekhawatiran akan masa depan. Maka dari itu, orang-orang yang telah berlatih meditasi terlihat lebih tenang dan bahagia. Sebagai orang percaya, sumber ketenangan dalam hidup, kita dapatkan dalam hubungan yang intim dengan Bapa di sorga.

Kehidupan kita sehari-hari diperhadapkan dengan beragam rutinitas dan kesibukan yang bisa begitu menjenuhkan dan sewaktu-waktu bisa melemahkan semangat kita. Bahkan ada situasi ketika hal-hal mengerikan datang bertubi-tubi, menyesakkan hidup kita seperti yang dialami pemazmur (Mazmur 116:3). Hal demikian akan mendatangkan ketegangan di dalam diri kita, sehingga kita kehilangan damai sejahtera. Namun sebagai orang percaya, ada satu rahasia ketenangan jiwa kita yang bisa ditemukan hanya saat kita bertemu dengan Tuhan di dalam hadirat-Nya. Karena hanya dekat Tuhan saja hati kita tenang. Adalah baik jika kita mencari ketenangan dengan berbagai upaya seperti membangun kebiasaan baik, harapan yang tinggi, dan semangat yang begitu menggairahkan. Namun, tak ada yang dapat menggantikan hari-hari yang bersahaja saat mengadakan pertemuan dengan Tuhan kita. Ambillah waktu sendiri untuk fokus berkomunikasi dengan Tuhan, sebagaimana yang kerap dilakukan oleh Yesus. Sediakanlah waktu yang teduh untuk merenungkan firman-Nya, karena taurat Tuhan itu sempurna, dan menyegarkan jiwa. Tuhan itu lebih dari cukup bagi kita dan bagi kesukaran kita. Ia akan memberikan ketenangan dan akan menyegarkan jiwa kita. [RS]

REFLEKSI DIRI

1. Seberapa seringkah Anda mengadakan pertemuan dengan Tuhan dalam waktu-waktu sendiri melalui doa dan firman-Nya?
2. Mengapa kita perlu mengadakan pertemuan dengan Tuhan?

POKOK DOA

Bapa di Sorga, Engkaulah sumber ketenangan di dalam jiwaku. Ajarku untuk selalu memberikan waktu secara pribadi dengan Engkau. Di dalam nama Tuhan Yesus, aku berdoa. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Latihlah diri Anda untuk mengalami perjumpaan dengan Tuhan melalui doa-doa pribadi dan perenungan Firman Tuhan secara pribadi.

HIKMAT HARI INI

Pertemuan dengan Tuhan kerap menjadi pertemuan yang terabaikan, padahal pertemuan itulah yang menjadi kunci ketenangan hidup yang sejati.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com