BANGKIT DARI SEBUAH KESALAHAN

Kamis,26 November 2020

BACAAN ALKITAB HARI INI

2 Timotius 3:16-17

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Ratapan 4

AYAT HAFALAN

Ibrani 8:12

RENUNGAN INSPIRASI

Menara Pisa yang merupakan sebuah objek wisata di Italia memiliki sejarah menarik. Menara yang pembangunannya menguras waktu lebih dari seabad ini mulai dibangun pada bulan Agustus tahun 1173, dan berawal dari sebuah kesalahan. Pembangunannya sempat terhenti, namun kemudian terus diupayakan dan berusaha diperbaiki, hingga pada akhirnya, kita mendapati Menara Pisa yang terkenal karena bentuk bangunannya yang miring.

Sama halnya dalam proses pembuatan menara tersebut, dalam perjalanan hidup setiap kita pasti pernah membuat yang namanya kesalahan entah dalam bidang apa pun. Kita tidak bisa mundur dan hanya menyesalinya begitu saja tanpa berbuat apa-apa. Sebaliknya, justru melalui kesalahan itu kita perlu melihat dari sisi yang berbeda. Ada hal yang bisa didapat jika kita mau memperbaikinya, sehingga Tuhan bisa mendatangkan sesuatu yang baik darinya. Kita harus menyadari bahwa dalam kemurahan Tuhan yang sempurna, Ia menaruh belas kasihan terhadap kesalahan kita. “Sebab Aku menaruh belas kasihan terhadap kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat dosa-dosa mereka.” (Ibrani 8:12). Tanpa mentolerir dosa atau kesalahan, tetapi ketika itu yang terjadi maka sikap terbaik adalah bangkit dan berusaha memperbaikinya. Dengan menjadikan firman Tuhan sebagai pedoman yang akan menuntun kita kepada perbaikan-perbaikan hidup, akan mengubah kita menjadi pribadi yang lebih baik. Anugerah belas kasihan Tuhan akan memampukan kita menjadi pribadi yang unik sesuai rancangan-Nya bagi kita. [RS]

REFLEKSI DIRI

1. Apakah Anda pernah berbuat kesalahan dan memperbaikinya? Pelajaran apa yang Anda peroleh darinya?
2. Apa nasihat Firman Tuhan ketika kita diperhadapkan dengan kesalahan yang kita perbuat?

POKOK DOA

Bapa yang Maha Pengampun, terima kasih buat kasih-Mu yang tidak mengingat-ingat kesalahanku. Tolonglah aku untuk memperbaiki kesalahanku dan menjadi pribadi yang lebih baik. Di dalam nama Tuhan Yesus, aku berdoa. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Ketika berbuat salah, akuilah dengan rendah hati di hadapan Tuhan, berusaha untuk memperbaikinya dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

HIKMAT HARI INI

“Tujuan Allah lebih besar daripada masalah, penderitaan, bahkan dosa kita.” – Rick Warren
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com