BE STRONG AND COURAGEOUS

Jum'at,27 November 2020

BACAAN ALKITAB HARI INI

Yosua 1:1-18

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Ratapan 5

AYAT HAFALAN

Yosua 1:9

RENUNGAN INSPIRASI

Bacaan Alkitab hari ini terus-menerus menegaskan satu pesan penting. Jika diperhatikan, dalam kitab Yosua pasal 1, pesan “Kuatkan dan teguhkanlah hatimu” disebut sebanyak 4 kali.  Tuhan terus berpesan demikian kepada Yosua ketika Yosua menggantikan posisi Musa untuk memimpin bangsa Israel ke tanah perjanjian dengan menyeberangi sungai Yordan. Tuhan berkata demikian dengan janji bahwa Dia akan terus menyertai Yosua tetapi juga dengan catatan bahwa Yosua harus bertindak sesuai Hukum Taurat.

Dunia hanya bisa berkata untuk menjadi kuat dan berani, tetapi darimana kekuatan dan keberanian itu berasal? Kekuatan dan keberanian yang sejati tidak bisa tiba-tiba ada dalam diri kita atau didapatkan seketika dengan usaha kita belaka. Kekuatan dan keberanian hanya bisa didapatkan di dalam Tuhan. Hanya Tuhan yang dapat memberikan ketegaran hati untuk kita menjadi berani dan terus melangkah maju. Tidak ada sumber lain yang pasti selain di dalam Tuhan. Janji Tuhan yang mengatakan bahwa Dia akan selalu menyertai kita adalah pusat alasan mengapa kita dapat menjadi kuat dan berani. Tetapi penyertaan Tuhan akan menjadi tidak berarti jika kita tidak bertindak dengan benar. Kita harus merenungkan dan melakukan Firman Tuhan untuk memastikan apa yang kita kerjakan akan berhasil dan menjadi beruntung. Penyertaan Tuhan yang pasti dan tindakan kita yang benar akan menjadi sumber kekuatan dan keberanian. Jadi, kuatkan dan teguhkanlah hatimu, Tuhan selalu besertamu! [SF]

REFLEKSI DIRI

1. Pernahkah Anda merasa takut dan bimbang dalam melangkah?
2. Apa yang akan Anda lakukan supaya dapat menjadi kuat dan berani?

POKOK DOA

Tuhan Yesus, terima kasih telah mengingatkanku bahwa Engkau selalu menyertaiku dalam hidupku. Tolong mampukan dan ajarkan aku supaya dapat terus berjalan sesuai Firman-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Renungkan dan lakukanlah firman Tuhan. Jangan menjadi takut dan bimbang dalam melangkah, namun berdoalah dan percayalah bahwa Tuhan menyertai Anda selalu.

HIKMAT HARI INI

“Be strong and courageous, for the Lord your God will be with you wherever you go.”
Kuatkan dan teguhkan hatimu, sebab Tuhan, Allahmu menyertai engkau ke mana pun engkau pergi.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com