WISDOM SEEKER

Senin,30 November 2020

BACAAN ALKITAB HARI INI

Kolose 2:2-3

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Yehezkiel 3

AYAT HAFALAN

Kolose 2:3

RENUNGAN INSPIRASI

Membaca identik dengan kesuksesan. Buku adalah salah satu sumber hikmat. Bill Gates membaca 50 buku dalam setahun; Mark Zuckerberg membaca 1 buku tiap 2 minggu; Warren Buffett menghabiskan 80% waktunya dalam sehari untuk membaca; Anthony Robbins, penjaga toilet yang akhirnya menjadi seorang motivator, menggunakan waktu luangnya yang banyak untuk membaca buku, dan pernah membaca 700 buku dalam setahun. Namun di atas semua buku, Alkitab adalah sumber hikmat yang terutama, yang merupakan perkataan yang berasal dari mulut Tuhan, “Karena Tuhanlah yang memberikan hikmat, dari mulut-Nya datang pengetahuan dan kepandaian.” (Amsal 2:6). Inilah yang disampaikan oleh Salomo, seorang yang mendapat hikmat luar biasa dari Tuhan. Di dalam amsalnya ia pernah berkata, “Baiklah orang bijak mendengar dan menambah ilmu.” (Amsal 1:5). Alkitab mencatat Salomo menulis 1.000 lagu dan menggubah 3.000 amsal.

Ada satu hal penting yang perlu kita teladani dari Salomo. Ketika ingin mendapat hikmat, Salomo sampai berkemah dan berdoa sambil membakar seribu korban. Hingga akhirnya malam itu Tuhan menampakkan diri kepadanya dan di sanalah ia meminta hikmat itu. Ketika kita membutuhkan hikmat serta bimbingan dari Tuhan, kita bisa datang kepada Yesus dan memintanya, “Sebab di dalam Dialah tersembunyi segala harta hikmat dan pengetahuan.” Dalam semua aspek kehidupan kita membutuhkan hikmat, bahkan untuk berhasil dalam hidup ini, yang terpenting ialah hikmat (Pengkhotbah 10:10). Hikmat yang dikaruniakan Tuhan juga bisa dipakai untuk menyatakan perbuatan-Nya yang besar dan mustahil, sebagaimana yang dialami oleh Daniel dan Yusuf yang selalu berhasil dan bisa menafsirkan mimpi karena mendapat hikmat dari-Nya. Takutlah akan Tuhan dan temukanlah juga hikmat itu melalui firman-Nya. Pada akhirnya kita akan memperoleh segala kekayaan dan keyakinan pengertian, serta mengenal rahasia Tuhan. (Kolose 2:2). [RS]

REFLEKSI DIRI

1. Mengapa kita perlu menjadi wisdom seeker?
2. Dari manakah hikmat yang bersumber dari Tuhan bisa kita dapatkan?

POKOK DOA

Tuhan Yesus, Engkaulah sumber hikmat. Ajarlah aku, untuk memiliki sikap takut akan Engkau karena itu adalah permulaan hikmat. Aku butuh hikmat-Mu selalu di dalam hidupku. Di dalam nama Tuhan Yesus, aku berdoa. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Carilah hikmat di dalam firman-Nya, serta datang dan mintalah dari Yesus, sebagai sumber hikmat tersebut.

HIKMAT HARI INI

“Carilah hikmat seperti mencari perak, dan kejarlah hikmat seperti mengejar harta terpendam. ” – Amsal
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com