ACCEPT IMPERFECTION

Selasa,09 Februari 2021

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Hosea 14

AYAT HAFALAN

Filipi 4:8

RENUNGAN INSPIRASI

Saat Anda diminta untuk berpikir tentang pasangan Anda, apakah yang terpikir oleh Anda? Apakah Anda berpikir hal-hal yang baik dan positif, atau hal-hal yang negatif dan segala kekurangan pasangan Anda? Untuk Anda yang telah menikah cukup lama, terkadang lebih mudah dan lebih cepat bagi Anda untuk membuat daftar kekurangan dan hal-hal yang negatif dari pasangan Anda karena kekurangan atau kebiasaan buruk pasangan seringkali menjadi hal yang sangat mengganggu, walaupun hal-hal tersebut biasanya melibatkan masalah dan tugas kecil yang sebenarnya tidak perlu dibesar-besarkan. 
    Pada kenyatannya, tidak ada manusia yang sempurna, termasuk diri kita sendiri. Jika mengharapkan kesempurnaan, kita akan selalu kecewa. Penting bagi kita untuk menerima bahwa pasangan kita pasti memiliki beberapa kebiasaan yang mungkin mengganggu. Kita harus belajar untuk memilih hal yang penting dan jangan membuat konflik dari hal-hal yang tidak perlu dibesar-besarkan. Memang tidak ada pernikahan yang bebas konflik, tetapi cara kita menangani konflik, itulah yang membuat perbedaan. Fokuslah pada hal-hal yang positif dan kualitas terbaik dari pasangan kita. Membuat jurnal tentang saat-saat terbaik, kenangan terindah, dan memikirkan semua alasan kita jatuh cinta pada pasangan juga membantu mengubah pikiran kita dari segala hal yang negatif tentang pasangan menjadi hal yang baik. Atur dan disiplinkan pikiran kita. Pikirkan semua yang mulia, yang manis, yang sedap didengar tentang pasangan kita. Ketika ada kebiasaan dari pasangan yang mengganggu Anda, jangan lekas marah dan menyulut konflik. Ingat, Anda bisa mengecilkan masalah dengan komunikasi yang baik. Hal yang paling penting dalam menerima setiap ketidaksempurnaan pasangan kita adalah dengan mengaktifkan kehidupan doa. Berdoa agar Tuhan memperbaharui pikiran kita, melembutkan hati kita, dan memampukan kita untuk memberikan kasih agape, kasih yang tanpa syarat kepada pasangan kita. [EH]

Apakah Anda termasuk pasangan yang mudah terganggu dan lekas marah dengan suatu kebiasaan pasangan? Bukankah memang tidak ada manusia yang sempurna di muka bumi ini? Bagaimana caranya agar Anda dapat mengantisipasi konflik dari masalah yang sebenarnya tidak perlu dibesar-besarkan?
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com