STRENGTHEN YOUR COMMUNICATION

Kamis,11 Februari 2021

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Yoel 2

AYAT HAFALAN

1 Korintus 3:11

RENUNGAN INSPIRASI

Tidak ada yang lahir sebagai komunikator alami. Komunikasi di dalam pernikahan adalah sebuah skill atau keterampilan yang dapat dipelajari, dan komunikasi yang baik adalah kunci untuk meningkatkan hubungan serta memungkinkan pikiran dan perasaan yang baik mengalir di antara pasangan. Kenyataannya, banyak suami istri yang bergumul tentang komunikasi yang sehat. Mereka cenderung menghindari komunikasi yang sulit, yang sering disebut deep conversation. Mereka hanya berbagi informasi tentang siapa, kapan, akan pergi ke mana, siapa yang menjemput anak-anak, tanpa pernah menyelami percakapan yang sebenarnya paling penting. Seiring waktu, kurangnya arus komunikasi yang lengkap akan mengeringkan gairah dan cinta di antara pasangan.

Tujuan dari komunikasi adalah untuk mengatakan hal-hal dengan cara yang dapat dipahami pasangan, untuk menyelesaikan konflik dan menghindari kesalahpahaman. Satu hal penting dalam komunikasi yang benar adalah sikap mendengarkan untuk belajar dan memahami daripada mendengarkan untuk memenangkan perdebatan. Kedua pasangan sama-sama berbicara dengan bijaksana, menghindari komentar yang menyerang, menyakitkan, dan cenderung mengontrol. Selain itu ada yang dinamakan dengan waktu reseptif atau timing yang paling tepat untuk membicarakan sesuatu. Kuncinya ialah mengetahui kapan pasangan Anda dapat menerima apa yang Anda katakan. Terlepas dari banyaknya konsep yang baik tentang komunikasi dalam pernikahan, ada satu hal yang harus kita pahami, bahwa semua teori komunikasi dalam pernikahan akan sulit dipraktikkan apabila kita tidak berpijak pada satu-satunya dasar pernikahan Kristen. Dasar itu adalah Kristus dan ajaran-Nya. Masing-masing pasangan harus terlebih dahulu sepakat menundukkan diri di bawah petunjuk Firman Allah. Karena hanya dengan jalan demikian kita dapat menjauhkan diri dari ambisi yang egois dan merendahkan hati untuk dapat mendahulukan pasangan. [LS]

Bagaimana komunikasi yang terjalin dengan pasangan Anda saat ini? Apakah Anda tidak pernah melakukan deep conversation? Bagaimana perubahan yang terjadi ketika Anda mulai melakukan tantangan-tantangan di atas?
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com