FINANSIAL DALAM KELUARGA

Kamis,25 Februari 2021

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Yunus 3

AYAT HAFALAN

Amsal 21:20

RENUNGAN INSPIRASI

Ed Young, Senior Pastor Fellowship Church mengatakan bahwa lebih dari 50% perceraian di Amerika disebabkan oleh masalah keuangan. Howard Dayton, Presiden Crown Ministry, mengatakan bahwa sekitar 50% perceraian di Amerika disebabkan masalah keuangan, dan ini adalah penyebab terbesar perceraian. Larry Burkett, Presiden Christian Financial Concept mengatakan bahwa hasil survei menunjukkan bahwa 85% penyebab perceraian di Amerika berhubungan dengan masalah keuangan, dan ini melebihi penyebab yang lainnya seperti perselingkuhan. Kita dapat menyimpulkan bahwa perencanaan keuangan yang benar akan membuka pintu berkat, sebaliknya perencanaan yang salah akan membawa keluarga ke dalam masalah keuangan. Sebagaimana kita tahu masalah keuangan adalah salah satu penyebab utama perceraian.

Alkitab memberikan prinsip penting bahwa kita perlu bijaksana dalam mengelola harta yang dipercayakan Tuhan. Amsal berkata di rumah orang bijak ada harta dan minyak (yang seringkali menggambarkan sukacita). Banyak orang tidak mengelola keuangan dengan baik sehingga kehilangan harta dan sukacita. Beberapa hal berikut adalah hal yang prinsip. Suami dan istri wajib membuat rencana keuangan berupa anggaran belanja bulanan yang tidak boleh melebihi dari pemasukan. Harus ada kesepakatan dalam memangkas pengeluaran yang tidak penting dan belajar mencatat setiap pengeluaran. Setiap pengeluaran wajib saling dibicarakan bersama, termasuk persepuluhan dan pemberian kepada orang lain (jangan sembunyi-sembunyi). Jika Anda atau pasangan tidak sepakat terhadap suatu rencana keuangan, jangan dipaksakan agar tidak ada pertengkaran. Tabungan Anda dan pasangan harus disisihkan dari awal, bukan sisa yang baru ditabung. Jangan lupa evaluasi keuangan Anda setiap akhir bulan agar tujuan keuangan Anda tercapai. [SG]

Bagaimana perencanaan keuangan keluarga Anda selama ini? Apakah Anda sudah memiliki perencanaan keuangan? Tujuan apa yang hendak Anda capai secara keuangan dan berapa lama Anda ingin mencapainya?
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com