BEYOND BOUNDARIES

Senin,01 Maret 2021

BACAAN ALKITAB HARI INI

1 Yohanes 5:2-4

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Mikha 3

AYAT HAFALAN

1 Yohanes 5:4

RENUNGAN INSPIRASI

Seringkali kita mendengar bahwa bagi Tuhan tidak ada yang mustahil. Namun kali ini kita akan berbicara bahwa tidak ada yang mustahil bagi orang percaya. Ada begitu banyak tokoh di Alkitab mengalami kehidupan yang tidak biasa. Ada Nuh yang dikenal dengan kisah bahteranya, Daud yang dengan mudahnya mengalahkan Goliat, perempuan yang sembuh setelah dua belas tahun lamanya menderita pendarahan, dua orang buta di Galilea yang matanya dicelikkan dan banyak lainnya. Kehidupan mereka melampaui batas-batas kemustahilan dan ketidakmungkinan yang selama ini diterima dunia sebagai hal lazim.
Ada satu ciri kesamaan dari mereka yang melampaui setiap keterbatasan, yaitu iman percaya mereka kepada Tuhan. Ketika dua orang buta mengikuti Yesus dan berseru-seru untuk dikasihani oleh-Nya, Yesus bertanya terlebih dahulu, “Percayakah kamu bahwa Aku dapat melakukannya?” Mereka menjawab, “Ya Tuhan, kami percaya” (Matius 9:28). Sama seperti wanita pendarahan yang sebelum menjamah jubah Yesus, dirinya terlebih dahulu dikuasai rasa percaya kepada Yesus. Karena katanya dalam hatinya: "Asal kujamah saja jubah-Nya, aku akan sembuh." Yesus sendiri mengatakan bahwa iman wanita itulah yang telah menyelamatkannya. (Matius 9:21-22). Berbeda dengan kisah ayah dari anak yang kerasukan roh yang membisukan. Kita dapat melihat sedikit keraguan dari perkataan ayah tersebut, “Sebab itu jika Engkau dapat berbuat sesuatu, tolonglah kami dan kasihanilah kami.” Jawab Yesus: "Katamu: jika Engkau dapat? Tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya!" (Markus 9:23). Benarlah bahwa tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya, sebab iman kitalah yang dapat melampaui segala keterbatasan. Semua yang lahir dari Allah dapat mengalahkan dunia. Dengan apa? Iman! Iman yang mengatasi segala keterbatasan adalah iman yang sungguh-sungguh percaya kepada Tuhan, itu dibuktikan dengan adanya ketaatan dan tindakan. [LS]

REFLEKSI DIRI

1. Apakah selama ini hidup Anda masih terbelenggu oleh banyak keterbatasan? Dalam hal apa saja? Apa yang salah dari cara hidup Anda?
2. Bagaimana Anda dapat mengalahkan setiap keterbatasan? Apakah Anda sudah sepenuhnya beriman kepada Tuhan? Apa bukti iman saudara?

POKOK DOA

Ampuni aku ya Tuhan, jika selama ini aku telah menjadi orang percaya yang tidak mencerminkan rasa percaya. Aku mau belajar seperti Nuh dan Daud yang mengalami kemenangan karena imannya kepada Tuhan. Karena bagi Tuhan tidak ada yang mustahil. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Percayalah sepenuhnya kepada Tuhan. Rasa percaya itu harus dibuktikan dengan adanya ketaatan dan tindakan.

HIKMAT HARI INI

Nothing is impossible for a believer walking in faith.
(Tidak ada yang mustahil bagi orang percaya yang berjalan dengan iman.)
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com