BAGAIMANA AKU BISA BERSABAR?

Rabu,03 Maret 2021

BACAAN ALKITAB HARI INI

Ibrani 12:1-3

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Mikha 5

AYAT HAFALAN

Kolose 3:13

RENUNGAN INSPIRASI

Hukum kasih adalah hukum yang terutama dan merupakan inti dari ajaran Yesus Kristus. Salah satu karakteristik kasih adalah kesabaran. Faktanya, masalah besar yang sering dialami seorang murid Kristus adalah perihal hubungannya dengan orang lain. Banyak orang percaya gagal mempraktikkan kesabaran kepada sesama sebagai objek kasih itu sendiri.
Ketahuilah bahwa kesabaran adalah hal yang harus diusahakan dan dibiasakan, selain karena kesabaran adalah salah satu buah roh, sifat ini juga sangat berharga dalam praktik kehidupan, terutama sebagai pertahanan diri dari hal-hal yang menimbulkan amarah. Untuk dapat mempraktikkannya, kita harus terlebih dahulu menghayati makna dari kesabaran. Berasal dari bahasa Yunani “makrothumia” yang artinya dalam bahasa Inggris adalah longsuffering atau tahan menderita. Dalam bacaan Alkitab kita hari ini (Ibrani 12:3) tertulis bahwa “Jika Saudara tidak ingin menjadi lemah dan putus asa, ingatlah akan kesabaran Yesus pada waktu Ia dianiaya oleh orang-orang berdosa.” (FAYH). Ayat ini memiliki makna serupa yang sama kuatnya dengan ayat hafalan kita yang berbunyi “Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain…sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian.” Ini artinya kekuatan kita untuk bersabar berasal dari teladan kesabaran Yesus sendiri. Ingat, kesabaran bukanlah kepasifan, ini adalah kekuatan penguasaan atau pengendalian terhadap diri sendiri. Mulai saat ini, ketika Anda diperhadapkan pada situasi yang memancing kesabaran Anda, ingatlah pada kesabaran Kristus ketika Ia dianiaya, dan juga ketika Tuhan memilih bersabar terhadap kita. [LS]

REFLEKSI DIRI

1. Apakah Anda termasuk orang yang tidak cukup sabar? Renungkan keseharian Anda, apakah tiada hari tanpa luapan amarah?
2. Bagaimana Anda dapat mengendalikan diri untuk bersabar?

POKOK DOA

Tuhan, aku bersyukur bahwa aku adalah orang beruntung yang mengalami kesabaran-Mu. Sebagai murid-Mu, sudah seharusnya aku melanjutkan sifat yang baik ini kepada sesamaku. Aku mau berusaha dan kiranya Tuhan selalu memberiku kekuatan. Dalam nama Yesus, amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Ketika diperhadapkan pada situasi yan memancing emosi Anda, pilihlah untuk bersabar dengan mengingat kesabaran Kristus.

HIKMAT HARI INI

“Patience is not passive, on the contrary, it is concentrated strength.” - Bruce Lee
“Kesabaran bukanlah kepasifan, sebaliknya, itu adalah kekuatan yang terkonsentrasi.”
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com