DANDELION LIFE LESSONS

Sabtu,13 Maret 2021

BACAAN ALKITAB HARI INI

Mazmur 46:2-5

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Zefanya 2

AYAT HAFALAN

Mazmur 46:5

RENUNGAN INSPIRASI

Ketika ditanya mengenai bunga favorit, jarang sekali ada yang menjawab bunga Dandelion. Randa tapak atau Dandelion adalah tumbuhan yang memiliki “bunga-bunga” kecil yang akan terbang ketika tertiup angin. Bunga ini berasal dari Eropa dan Asia, tapi sekarang sudah menyebar ke segala tempat. Berbeda dari bunga lain, Dandelion adalah salah satu bunga yang identik dengan kesederhanaannya yaitu tanpa semerbak khas. Tapi di balik itu, ternyata banyak nilai baik pada bunga Dandelion yang dapat diterapkan dalam hidup kita. Hal yang dapat dipelajari dari bunga Dandelion adalah mudah beradaptasi ke mana pun angin menerbangkannya, dan meskipun sering dianggap rapuh karena mudah diterbangkan angin, bagian bunganya tidak menjadi rusak.
Sekarang mari lihat di mana kita berada. Mungkin saat ini kita sedang berada di tanah gersang, bebatuan keras, bahkan di tengah-tengah semak berduri yang menyakitkan. Di mana pun Tuhan tempatkan kita sekarang, belajarlah beradaptasi. Sebab kita tidak takut sekali pun bumi berubah, gunung-gunung goncang di dalam laut. Beradaptasilah pada kondisi sulit sekali pun. Kemampuan kita beradaptasi dapat diukur dari pencapaian kita, di mana pun tempat kita saat ini. Namun usaha beradaptasi tidak boleh mengurangi kebenaran-kebenaran firman Tuhan yang kita hidupi. Justru sebaliknya, “Marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya.” (Ibrani 4:16). Sebab Tuhanlah yang menguatkan, memberikan rahmat, kasih karunia, bahkan pertolongan di waktu yang tepat. Selama kita dapat menjaga diri dengan terus berakar di dalam Tuhan, maka hidup kita pun akan terjaga dengan baik, dan setiap fase kehidupan pasti dapat dilalui bersama Tuhan. Karena itu percayalah bahwa apa pun yang terjadi di dalam hidup kita, itulah kesempatan kita untuk semakin dekat dengan Tuhan. [CK]

REFLEKSI DIRI

1. Di manakah posisi kita saat ini? Apa bentuk usaha yang membuktikan bahwa Anda orang yang “adaptable”?
2. Dalam situasi yang Anda jalani saat ini, sudahkah Anda semakin menguatkan akar pada kebenaran Firman Tuhan? Bukankah Firman Tuhan adalah sumber hikmat yang membuat kita berhasil beradaptasi?

POKOK DOA

Allah Bapa di Surga, terima kasih untuk pelajaran berharga dari alam semesta yang Kau ciptakan. Ajar aku untuk dapat hidup seperti bunga dandelion yang mudah beradaptasi dan bunganya tidak lekas rusak, sehingga nama-Mu akan semakin dipermuliakan dan tujuan hidupku tergenapi. Dalam nama Tuhan Yesus, Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Dalam situasi apa pun, di samping belajar beradaptasi, kita juga perlu semakin berakar kuat di dalam Tuhan.

HIKMAT HARI INI

Di kala keadaan tidak pasti, beradaptasilah dan berakarlah semakin dalam di dalam Tuhan.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com