NEVER STOP LEARNING

Senin,15 Maret 2021

BACAAN ALKITAB HARI INI

Amsal 4:6-8

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Hagai 1

AYAT HAFALAN

Amsal 1:5

RENUNGAN INSPIRASI

Kita tentu tak asing dengan Thomas Alva Edison. Sedari kecil, ia tak menerima pendidikan formal karena masalah pendengarannya yang serius. Edison yang harus belajar di rumah pun membaca banyak buku dan mengadakan percobaan. Saat berusia 16 tahun, ia mendapatkan pekerjaan sebagai operator telegraf. Di sana ia mencurahkan banyak energi dan kecerdasannya untuk memperbaiki sistem telegraf, hingga akhirnya, ia memutuskan untuk bekerja sebagai penemu. Berbagai kegagalan dan pelajaran membawanya memiliki banyak penemuan, yang masih kita gunakan hingga saat ini, di antaranya lampu pijar, alat perekam suara pertama fonograf, dan perekam gambar. Ia memiliki 1.093 hak paten penemuan yang ia ciptakan semasa hidupnya. Berbagai hambatan dalam dirinya, ia lampaui dengan banyak belajar dari kehidupan, termasuk dari kekurangan dan kegagalannya. 
Orang-orang yang bisa melampaui berbagai keterbatasan dalam diri mereka adalah pribadi-pribadi yang mau terus belajar. Ketika seseorang terus belajar, maka ia akan memiliki dasar pemikiran yang lebih bijak untuk melihat suatu masalah dari sudut pandang yang baru dan menemukan berbagai solusi dari setiap masalah. Seperti yang dikatakan John Maxwell, “Hati yang mau terus belajar merupakan modal untuk bisa tetap bertumbuh.” Dalam bacaan firman hari ini, kita diajarkan untuk memperoleh hikmat dan dari segala hal yang di terima, kita dapat beroleh pengertian. Bahkan, melaluinya kita akan dijadikan terhormat. Betapa Tuhan menginginkan hidup kita menjadi berkat, hanya saja, untuk mencapainya kita harus meningkatkan kapasitas kita. Tuhan telah menganugerahkan potensi. Tak ada ruginya jika kita terus belajar mengasah potensi untuk mencapai hal-hal baru dan besar dalam hidup ini, menemukan kualitas terbaik di dalam diri kita, dan melampaui berbagai hambatan. Karena, “Siapa memperoleh akal budi, mengasihi dirinya” (Amsal 19:8a). Dalam hidup yang sarat dengan ketidakmungkinan dan perubahan, mari terus belajar memaksimalkan diri dengan menekuni firman-Nya, menambah wawasan dari berbagai media, buku, mencoba hal-hal baru yang bermanfaat. [RS]

REFLEKSI DIRI

1. Mengapa kita tidak boleh berhenti belajar dalam hidup? Apa pentingnya belajar?
2. Adakah kerugian dari sikap belajar? Apakah Anda memiliki pengalaman diuntungkan karena Anda adalah orang yang belajar?

POKOK DOA

Ya Tuhan, seperti firman-Mu yang mengajarkanku untuk memperoleh hikmat dengan segala yang bisa kuperoleh, aku mau melakukannya. Tolonglah aku. Di dalam Nama Tuhan Yesus. Amin. Di dalam nama Tuhan Yesus, aku berdoa. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Ambil langkah untuk belajar dan mengembangkan diri, sesuai minat Anda. Tekuni membaca Alkitab, perbanyak wawasan dari berbagai media.

HIKMAT HARI INI

“Never stop learning, because life never stop teaching.”
Jangan pernah berhenti belajar, karena hidup tidak pernah berhenti mengajar.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com