LIE AND DIE

Selasa,16 Maret 2021

BACAAN ALKITAB HARI INI

Kisah Para Rasul 5:1-10

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Hagai 2

AYAT HAFALAN

Amsal 6:16-17

RENUNGAN INSPIRASI

Dalam bacaan Alkitab hari ini kita membaca bahwa Ananias dan Safira adalah sepasang suami isteri yang mendustai Allah. Mereka tidak jujur dalam hasil penjualan tanah yang mereka miliki. Sebagian hasil penjualan tanah mereka simpan, dan sebagian lagi mereka berikan kepada rasul. Mereka berbohong di hadapan Rasul Petrus dengan menyebutkan bahwa hasil yang diberikan adalah seluruh hasil penjualan tanah. Alkitab mencatat bahwa ketika mereka berbohong, seketika itu juga mereka mati. 
Tuhan tidak berkenan atas sikap dusta atau berbohong. Sayangnya, berbohong adalah satu dari sekian banyak pelanggaran yang hampir semua orang pernah bahkan sering lakukan. Ada banyak orang yang menganggap berbohong sebagai hal lumrah, sepele dan kesalahan manusiawi. Padahal Tuhan dengan tegas menyatakan bahwa berkata bohong atau dusta bukanlah perkara yang dapat ditoleransi dan termasuk dosa. Bahkan dikatakan bahwa Tuhan malu mengakui orang yang berdusta sebagai anak-Nya. Ketika kita berkata dusta, “Iblislah yang menjadi bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu… sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta.” (Yohanes 8:44). Ingat, Tuhan memandang kebohongan sebagai pelanggaran yang serius. Kita perlu berhati-hati dalam menjaga lidah, sebab berbohong atau berdusta adalah dosa yang mengikat. Sekali orang berkata bohong, ia cenderung terbiasa berbohong. Jangan permalukan Bapa kita, dan hendaknya kita menjaga lidah kita dari perkataan-perkataan yang menipu. [LS]

REFLEKSI DIRI

1. Masihkah ada di antara Anda yang menganggap berbohong atau berdusta sebagai kesalahan yang lumrah dan sepele?
2. Sebagai anak-anak Allah, bagaimana seharusnya Anda menjaga lidah?

POKOK DOA

Tuhan, aku memohon ampun atas kebohongan atau dusta yang pernah aku lakukan. Aku mau menjadi anak-Mu yang jujur. Kiranya Tuhan mengaruniakanku keberanian untuk selalu mengatakan yang sebenarnya. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Jangan berbohong.

HIKMAT HARI INI

Honesty is more than not lying. It is truth telling, truth speaking, truth living, and truth loving.
Kejujuran lebih dari tidak berbohong. Kejujuran adalah mengatakan kebenaran, berbicara kebenaran, hidup dalam kebenaran, dan mencintai kebenaran.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com