THE POWER OF COLLABORATION

Kamis,25 Maret 2021

BACAAN ALKITAB HARI INI

1 Korintus 3:5-9

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Zakharia 9

AYAT HAFALAN

Pengkhotbah 4:9

RENUNGAN INSPIRASI

Bulan November 2020, dunia bisnis F&B dan media sosial dihebohkan dengan postingan sosial media dari Burger King yang menganjurkan para pelanggannya untuk membeli burger dari McDonald’s, yang notabenenya adalah rival dalam bisnis. Burger King menyarankan juga untuk memesan makanan dari gerai makanan lainnya agar para pelaku bisnis F&B bisa bertahan di tengah pandemi. Ada yang menganggap hal ini hanya sebagai lelucon atau sebuah gimik marketing belaka. Tetapi, hal yang sama pernah dilakukan oleh Burger King terhadap McDonald’s di tahun 2019 di Argentina. Pada hari itu, setiap penjualan 1 menu Big Mac akan didonasikan $2 untuk Children with Cancer Foundation, yayasan yang membantu anak-anak penderita kanker. Burger King menyambut kampanye ini dan melakukan kolaborasi dengan meluncurkan kampanye “A Day without a Whopper” di hari yang sama, di mana 101 gerai Burger King di seluruh Argentina menghapus Whopper dalam daftar menu mereka agar pelanggan mereka beralih membeli Big Mac. Kolaborasi yang tidak biasa ini sukses luar biasa. Dalam satu hari tercatat McDonald’s berhasil menjual 73.437 Big Mac, artinya bantuan sebesar $146.874 berhasil dikumpulkan dalam 1 hari!

Kolaborasi adalah kata yang beberapa tahun terakhir ini begitu populer. Di dunia sekuler, ada banyak perusahaan, brand, dan selebritis yang melakukan kolaborasi untuk mencapai tujuan yang lebih besar. Sesungguhnya kolaborasi ini sudah diajarkan di dalam firman Tuhan. Pengkhotbah 4:9 BIS mengatakan: “Jika dua orang bekerja sama akan dapat menyelesaikan lebih banyak daripada satu orang saja bekerja dua kali, karena berdua dapat mencapai hasil yang lebih baik.” Prinsip kolaborasi ini juga kemudian dijelaskan oleh Paulus kepada jemaat di Korintus yang sedang mengalami perselisihan karena ada yang merasa pengikut Paulus atau Apolos. Paulus dengan tegas mengatakan bahwa mereka berdua sesungguhnya adalah kawan sekerja Allah. Kata “kawan sekerja” ini dalam bahasa aslinya adalah “synergos”, yang kemudian kita kenal dengan kata sinergi. Sebagai tubuh Kristus, kita semua adalah kawan sekerja. Kita perlu bersinergi untuk mencapai tujuan yang lebih besar dalam ladang Tuhan. Kolaborasi membutuhkan sikap selfless dan kerendahan hati, untuk mengatakan bahwa saya tidak bisa bekerja seorang diri dan saya membutuhkan orang lain untuk bersama-sama mencapai tujuan atau visi yang sama. Di era tatanan kehidupan yang baru ini, bukan waktunya lagi kita bekerja sendiri-sendiri. Bila kita ingin terobosan terjadi dalam setiap aspek hidup kita, maka kita perlu melakukan kolaborasi. The power of collaboration will bring your life onward beyond boundaries. Kekuatan kolaborasi akan membawa hidup Anda terus maju melampaui batasan-batasan yang ada. [HS]

REFLEKSI DIRI

1. Pesan apa yang Anda peroleh dari firman Tuhan hari ini tentang kolaborasi?
2. Apa yang selama ini menjadi penghalang/pembatas dalam hidup Anda? Bagaimana Anda melihat kolaborasi dengan pihak lain akan dapat menerobos batasan-batasan itu?

POKOK DOA

Tuhan Yesus, terima kasih Tuhan untuk firman-Mu yang mengajarkanku akan kekuatan dari kolaborasi. Berikanku kerendahan hati untuk mau bekerja bersama-sama, baik dalam ladang pelayanan Tuhan, maupun dalam bisnis, pekerjaan dan segala aktivitasku. Aku mau menjadi pribadi yang dapat bersinergi untuk melakukan pekerjaan Tuhan yang lebih besar di dalam hidupku. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Bangunlah kolaborasi bersama komunitas Anda untuk mencapai rencana Allah yang lebih besar di dalam hidup Anda.

HIKMAT HARI INI

“If you want to go fast, go alone. If you want to go far, go together.” – African Proverb
Jika Anda ingin berjalan cepat, berjalanlah sendirian. Jika Anda ingin berjalan jauh, berjalanlah bersama-sama.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com