KETIKA MENJADI TERLALU LELAH

Senin,29 Maret 2021

BACAAN ALKITAB HARI INI

Markus 6:30-32

BACAAN NDC BIBLE STUDY

Zakharia 13

AYAT HAFALAN

Markus 6:31

RENUNGAN INSPIRASI

Dalam dunia psikologi dikenal istilah decision fatigue. Ini merupakan istilah ketika seseorang merasa kewalahan, lelah, dan stres karena banyaknya keputusan yang diambil. Adapun kondisi ini sulit disadari. Umumnya, orang yang mengalaminya akan menunjukkan gejala seperti suka menunda pekerjaan, bertindak impulsif, menghindar bahkan tak mampu mengambil keputusan. Jika terjadi terus-menerus, seseorang akan lebih cepat marah, mudah khawatir, depresi, serta gangguan fisik seperti sakit.

Setiap dari kita bisa saja mengalami situasi demikian. Saat ada banyak pekerjaan, meja yang terlalu penuh dengan memo, email yang perlu dibalas, dan di saat yang sama ada banyak hal yang harus diselesaikan dan diputuskan. Ada baiknya kita mengambil waktu untuk istirahat dan menenangkan diri sejenak, karena hal ini bisa membuat kita mengalami decision fatigue. Ketika Yesus dan para murid-Nya diperhadapkan dengan pelayanan yang cukup padat, Ia pun menyarankan hal demikian. “Marilah ke tempat yang sunyi, supaya kita sendirian, dan beristirahatlah seketika!” Sebab memang begitu banyaknya orang yang datang dan pergi, sehingga makan pun mereka tidak sempat (Markus 6:31). Sama halnya dengan kita, sebagai manusia yang terbatas kita perlu beristirahat. Ini memungkinkan kita untuk memiliki waktu tenang, kita bisa berdoa dan memohon pemulihan dari Tuhan. Langkah selanjutnya setelah tenang, kita perlu bijak dalam membuat daftar prioritas mengenai pekerjaan yang perlu segera dituntaskan. [RS]

REFLEKSI DIRI

1. Pernahkah Anda mengalami decision fatigue?
2. Apa yang Anda lakukan jika mengalami kelelahan karena banyak hal yang harus dikerjakan dan diselesaikan?

POKOK DOA

Bapa di Surga, di saat-saat aku merasakan ada banyak hal yang terlalu membebani, aku percaya bahwa di dalam Engkau ada kekuatan dan pemulihan. Di dalam nama Tuhan Yesus, aku berdoa. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Jika terlalu lelah, beristirahat dan jadilah tenang supaya kita dapat berdoa dan beraktivitas kembali dengan kondisi bugar.

HIKMAT HARI INI

“Terlalu banyak prioritas melumpuhkan Anda.” – John Maxwell
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com