PUJILAH TUHAN SETIAP WAKTU!

Jum'at,03 September 2021

BACAAN ALKITAB HARI INI

Mazmur 34:1-4

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

Mazmur 34:1

RENUNGAN INSPIRASI

Satu kali saya merasa sangat penat, semua hal terasa menjemukan. Dalam kepenatan itu, saya datang pada Tuhan, berdoa dan memuji. Saya pun menyanyikan lagu, “Tuhan adalah gembalaku, tak kan kekurangan aku.” Namun selagi di awal nyanyian, saya tak kuasa melanjutkan kata-kata dari lagu tersebut. Ucapan “Tuhan adalah gembalaku, tak kan kekurangan aku” terus menggema. Sambil mengucapnya berulang kali, air mata saya terus mengalir. Kata-kata itu berbicara begitu kuat, mengingatkan saya bahwa Tuhan lebih dari cukup, dari apa pun di hidup ini. Setelah memuji Tuhan ada penghiburan, yang akhirnya membuat hati saya lega kembali. Sampai hari ini, bila mengingat lagu itu, hati saya selalu dikuatkan. 
Memuji Tuhan merupakan hakikat kita sebagai orang percaya, karena kita ada untuk menjadi penyembah-penyembah Tuhan, yang seharusnya menyembah Dia di dalam roh dan kebenaran. Itu sebabnya, setelah memuji Tuhan, hati kita akan merasakan sukacita. Saat memuji Tuhan ada kesenangan yang kita dapat, yang berbeda dari kesenangan dunia ini, karena memang untuk itulah kita dirancang. Pemazmur dalam satu ungkapannya mengatakan, “Aku hendak memuji TUHAN pada segala waktu; puji-pujian kepada-Nya tetap di dalam mulutku.” Perhatikan bahwa memuji Tuhan tidak hanya dilakukan sesekali, tidak hanya ketika kita sedang mengikuti ibadah, tetapi dilakukan setiap waktu. Di mana pun kita berada, situasi apa pun yang kita hadapi, memuji Tuhan merupakan bagian dari diri kita. Kita bisa memuji kebesaran, keagungan, kebaikan, keadilan, kesetiaan, pertolongan, dan penyertaan Tuhan yang sempurna. Tindakan memuji pun bisa kita ekspresikan dengan nyanyian, dengan memperkatakan ucapan-ucapan firman Tuhan, baik ketika senang maupun susah. Pada akhirnya, seturut dengan perintah firman-Nya, “Sebab itu marilah kita, oleh Dia, senantiasa mempersembahkan korban syukur kepada Allah, yaitu ucapan bibir yang memuliakan nama-Nya” (Ibrani 13:15). Hari-hari berlalu, suka duka silih berganti, melalui semua keadaan itu, sudahkah Anda memuji Tuhan? [RS]

REFLEKSI DIRI

1. Kapan kita harus memuji Tuhan?
2. Mengapa kita harus memuji Tuhan dan bagaimana cara kita memuji Tuhan?

POKOK DOA

Ya Tuhan, firman-Mu mengajarkanku untuk selalu memuji Tuhan di segala waktu. Karenanya, baik atau tidak baik keadaannya, aku mau selalu memuji Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus, aku berdoa. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Pujilah Tuhan setiap waktu melalui nyanyian, ucapan-ucapan firman Tuhan, baik ketika senang maupun di saat susah.

HIKMAT HARI INI

“Penyembahan bukanlah bagian dari kehidupan Anda, itu adalah kehidupan Anda.” – Rick Warren
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com