PRAY THE SCRIPTURES

Sabtu,04 September 2021

BACAAN ALKITAB HARI INI

Yohanes 15:7

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

1 Yohanes 5:14

RENUNGAN INSPIRASI

Doa adalah sarana komunikasi yang telah Tuhan anugerahkan bagi anak-anak-Nya. Salah satu cara kita berdoa adalah berdoa seturut dan sesuai Firman Allah. Kita mungkin cenderung berdoa tentang beberapa topik dan masalah yang sama berulang-ulang. Berdoa seturut Firman Allah dapat menjadi disiplin rohani yang efektif, bermanfaat, sekaligus menyenangkan bagi kita. Ini mencegah kita salah berdoa dan membantu kita untuk berdoa seturut kehendak-Nya (Yakobus 4:3), memastikan Tuhan mendengar dan menjawab doa-doa kita (Yohanes 5:14), dan secara tidak langsung membantu kita menjalani hidup yang Alkitabiah. Sebagaimana kita tahu bahwa dunia ini penuh dengan nilai-nilai yang bertentangan dengan prinsip Firman Allah, yang dapat membuat kita salah berdoa sebab kita lebih banyak berdoa untuk memuaskan hawa nafsu. Namun ketika kita berdoa sejalan dengan firman-Nya, ini membantu hidup kita lebih selaras dengan hati Allah.
Untuk dapat berdoa seturut Firman Allah, pastikan kita membaca dan memahami konteks dari firman yang akan kita doakan, ambilah waktu untuk membaca keseluruhan suatu pasal. Sebab jika tidak, doa yang kita panjatkan bisa saja tidak berkaitan dengan apa yang Alkitab maksud dan bisa berakhir dengan doa atas dasar hawa nafsu kita sendiri. Jadi bagian penting yang tak terpisahkan dalam langkah berdoa seturut Firman Allah adalah memiliki disiplin membaca Alkitab. Ketika Tuhan menekankan ayat-ayat tertentu pada hati kita sebagai wujud pesan pribadi-Nya kepada kita, mulailah mendoakannya. Film drama Kristen berjudul “War Room” memuat banyak praktik tentang bagaimana mendoakan Firman Allah di dalam Alkitab. Ketika ada ayat-ayat yang menjadi rhema dalam hati kita, tulislah ayat-ayat itu dalam catatan Anda dan tempelkan pada tempat yang strategis. Kemudian Anda dapat membacanya ketika berdoa. [LS]

REFLEKSI DIRI

1. Apakah kita dapat memastikan sudah berdoa sesuai dengan kehendak Allah?
2. Bagaimana supaya kita tidak terjebak pada doa yang didasarkan hawa nafsu?

POKOK DOA

Bapa kami yang di Sorga, dikuduskanlah nama-Mu, datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu, di bumi seperti di sorga. Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami; dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami daripada yang jahat. Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Bacalah Alkitab, berdoalah sesuai dengan isi firman-Nya yang berkaitan dengan situasi dan keadaan Anda. Misalnya doa ucapan syukur yang sesuai dengan Mazmur 9:1, doa pengakuan dosa yang sesuai dengan Mazmur 32:5, doa pujian kepada Allah seturut Mazmur 11:5, atau doa memperkatakan janji Tuhan seperti dalam Yesaya 40:31, dan masih banyak lainnya.

HIKMAT HARI INI

Ketika kita menggunakan firman Tuhan saat berdoa, kita belajar menyelaraskan hati kita dengan hati-Nya dan berdoa sesuai dengan kehendak-Nya.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com