CITA-CITA IDEAL

Minggu,05 September 2021

BACAAN ALKITAB HARI INI

2 Timotius 3:14-15

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

Amsal 19:20-21

RENUNGAN INSPIRASI

Bagi kaum muda, hidup akan terasa hambar jika tidak memiliki target pencapaian. Karena itu, cita-cita adalah suatu target pencapaian yang perlu dimiliki setiap orang. Menetapkan cita-cita bukan perkara asal, cita-cita itu harus ideal karena akan menentukan arah perjalanan hidup kita. Penting untuk menentukan standar dalam menetapkannya. Asisten profesor teologi Wheaton College, Glyn Evans mengatakan, standar untuk menentukan cita-cita yang ideal itu haruslah alkitabiah dan dapat diwujudkan. 
    Alkitabiah berarti sesuai dengan ketetapan Tuhan. Rasul Paulus memuji anak didiknya Timotius karena ia telah melatih diri sedari muda dengan pengabdian yang saleh sebagai tujuan masa depannya. Apa pun yang kita cita-citakan, usahakanlah selaras dengan kehendak Tuhan. Biarlah melalui cita-cita tersebut kita dapat menjadi berkat bagi banyak orang dan nama Tuhan dipermuliakan. Kemudian dapat diwujudkan berarti kita memiliki cukup tekad dan usaha yang seimbang dengan cita-cita yang diharapkan. Kita dapat mengidentifikasi cita-cita dengan tepat, yaitu melihat dari sebagian besar waktu yang kita habiskan. Rasul Paulus sendiri menasihati Timotius untuk tetap berpegang pada perkara-perkara yang telah dipelajarinya, dan dari orang-orang macam apa ia mempelajarinya. Ini artinya sedari kecil Timotius telah disibukkan dengan perkara-perkara rohani. Tidak heran Rasul Paulus memuji Timotius sebagai orang yang cermat dalam mengikuti teladannya (2 Timotius 3:10-11). Dari Timotius kita belajar bagaimana meraih masa depan yang ideal. Ingat kembali, bahwa apa pun cita-cita yang kita impikan, hal itu tidak boleh bertentangan dengan ketetapan Tuhan dan harus dapat diwujudkan melalui tekad dan usaha yang seimbang. [LS]

REFLEKSI DIRI

1. Sudahkah Anda berusaha mengerti kehendak Tuhan dalam hidup Anda?
2. Sudahkah Anda memiliki cukup tekad dan usaha yang seimbang dengan apa yang Anda cita-citakan?

POKOK DOA

Tuhan terima kasih untuk hikmat hari ini. Aku mau memproyeksikan ulang apakah cita-citaku sudah menjadi cita-cita yang ideal. Berikan aku hikmat dalam menentukannya ya Bapa. Di dalam nama-Mu aku berdoa, Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Miliki cita-cita yang alkitabiah dan dapat diwujudkan dengan segala tekad dan usaha.

HIKMAT HARI INI

Dream + ideal = reachable
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com