PELAJARAN HIDUP DALAM KESULITAN

Senin,06 September 2021

BACAAN ALKITAB HARI INI

Kejadian 39:20-23

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

Mazmur 25:9

RENUNGAN INSPIRASI

Steve Penny, kepala dari S4 Leadership Network di Australia mengamati bahwa kehidupan ini penuh dengan “belokan-belokan” yang tak terlihat. Ia berpendapat bahwa keadaan bisa saja sepertinya memotong rencana kita. Namun kita diajar untuk mengubah “belokan” menjadi kesenangan, memperlakukan setiap “belokan” sebagai perjalanan khusus dan perjalanan untuk belajar. Jangan melawan, atau kita tak akan pernah mempelajari tujuannya. Nikmatilah saat itu dan kita akan segera kembali di jalan kita lagi, yang bisa saja lebih bijaksana dan lebih kuat karena “belokan” tersebut.
Belokan-belokan yang terjadi dalam hidup kita berbicara suatu hal yang di luar rencana kita. Sepertinya ada saja kondisi yang mengacaukan dan menghambat tujuan yang hendak dicapai. Belokan itu acap kali membuat kita marah bahkan frustrasi. Tetapi mari kita belajar dari Yusuf. Yusuf adalah orang yang mendapat visi dari Tuhan bahwa suatu saat dia akan menjadi pemimpin. Namun pada kenyataannya, perjalanan hidupnya tidak mulus, bahkan sepertinya jauh dari impiannya. Hanya saja, sikap hidup Yusuf selalu berhasil menjadikan belokan, yang seakan menghambat tujuan hidupnya menjadi batu loncatan menuju impiannya. Ketika di rumahnya, meski tidak disukai saudara-saudaranya, ia menjadi orang kepercayaan ayahnya (Kejadian 37:12-14). Tatkala menjadi budak di rumah Potifar, ia pun menjadi orang kepercayaan (Kejadian 39:4-5). Saat di penjara sebagai tahanan, Yusuf bahkan tetap menjadi orang kepercayaan (Kejadian 39:22). Di mana pun berada, ia selalu menampilkan kepribadian baik yang dapat dipercaya. Ternyata semua pengalaman itu merupakan serangkaian proses yang Tuhan izinkan untuk menyiapkannya menjadi penguasa Mesir, yang kemudian dipercayakan untuk mengurus bahan pangan di masa kelaparan. Berbagai pengalaman pahit menjadi pelajaran untuk melatih dirinya sebagai pemimpin. Dalam kesulitan hidup kita, belajarlah dari Yusuf, percayakan hidup sepenuhnya kepada Tuhan. Jangan marah ketika hidup sepertinya jauh dari harapan dan jangan kecewa saat diperhadapkan dengan hambatan. Sebaliknya jadikan hambatan itu sebagai batu loncatan dengan tetap menjadi anak-anak Tuhan yang tetap berintegritas, bertanggung jawab dan memberi yang terbaik, karena semua itu akan menuntun kita kepada maksud dan jalan Tuhan yang indah. [RS]

REFLEKSI DIRI

1. Apakah Anda pernah mendapat pelajaran berharga dari kesulitan hidup yang Anda alami?
2. Bagaimana sikap Anda menghadapi hambatan dan kesulitan hidup?

POKOK DOA

Tuhan Yesus, saat ada hambatan-hambatan yang menghalangi impianku, aku percaya bahwa Engkau sedang membentukku. Tolong aku supaya tetap melakukan yang terbaik. Di dalam nama Tuhan Yesus, aku berdoa, Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Jangan kecewa dengan hambatan tetapi tetaplah lakukan yang terbaik dalam keadaan-keadaan yang Tuhan izinkan terjadi dalam hidup Anda.

HIKMAT HARI INI

“There are certain life lessons that you can only learn in the struggle.”
Ada pelajaran hidup tertentu yang hanya bisa dipelajari dalam kesulitan.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com