PENGABDIANKU BAGI KEMULIAANNYA

Kamis,09 September 2021

BACAAN ALKITAB HARI INI

Yohanes 12:25-26

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

Yohanes 12:25

RENUNGAN INSPIRASI

Jeanne d’Arc dikenal sebagai gadis pejuang perang di usia tujuh belas tahun dan wafat pada umur sembilan belas tahun. Meyakini panggilan Tuhan dalam hidup membuatnya menjadi pahlawan bagi bangsanya. Saat mengetahui bahwa musuh-musuhnya begitu kuat sedangkan waktunya sudah amat pendek ia pun memohon kepada Tuhan, “Aku akan hidup hanya untuk satu tahun, pakailah aku jika Engkau mau.” Demikianlah yang seharusnya menjadi permohonan doa kita seumur hidup dalam pengiringan kita kepada Kristus. Seperti kata Yesus, “Siapa mengabdi kepada-Ku, ia harus mengikut Aku, dan di mana Aku berada, di situ jugalah abdi-Ku berada.” (Yohanes 12:26 - Shellabear 2010).
Tuhan menganugerahkan hidup di dunia ini hanya sekali. Namun, kehidupan ini akan berlanjut pada kekekalan. Jadi hidup di dunia ini menjadi perantara menuju hidup kekal. Kenyataannya, naluri kita begitu mencintai kehidupan dunia ini. Sikap dalam mencintai kehidupan pun kita wujudkan dengan mementingkan diri sendiri dan memenuhi berbagai keinginan untuk kenyamanan pribadi kita. Tetapi Yesus memberi pemahaman yang berbeda. Satu kunci yang Yesus beritahu agar hidup yang kekal itu terpelihara, yaitu dengan tidak mencintai nyawa di dunia ini. Mengikut Yesus dalam hidup harus didasari dengan pengabdian, bukan semata karena keyakinan pribadi kita. Ketaatan kita pun harus didorong oleh pengabdian kepada Yesus, bukan oleh tujuan pribadi kita. Pada akhirnya, pengabdian kepada Yesus harus sampai kepada titik kematian ambisi dan kepentingan pribadi kita. Melalui kematianlah ada hal-hal berharga yang kita peroleh. Marilah kita berjuang kepada tujuan hidup yang sebenarnya. Tunjukkanlah pengabdian yang nyata kepada Kristus, dan upayakanlah perjuangan hidup demi nama dan kemuliaan-Nya. Kita bisa memulainya dengan penyangkalan kepada berbagai nafsu dunia, keinginan-keinginan daging, ego, mengejar kasih dan kekudusan-Nya. Teruslah berjuang demi pengabdian kepada Kristus. Seperti ungkapan, “Adalah lebih baik bernyala sampai padam daripada karatan sampai mati.” [RS]

REFLEKSI DIRI

1. Sudahkah Anda rela mematikan ego dan hal-hal yang menyenangkan demi pengabdian kepada Kristus?
2. Bagaimana caranya agar kita bisa memiliki hidup kekal yang terpelihara?

POKOK DOA

Tuhan inilah yang kupunya, yaitu kehidupan yang telah Kau beri. Sebagai bukti kasihku pada-Mu, mampukanlah aku memeliharanya dengan tidak mencintai hal-hal dunia ini dan tolonglah aku Roh Kudus untuk mematikan keinginan dan egoku. Dalam nama Yesus, Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Berjuanglah mematikan ego, kedagingan, dan nafsu dunia demi bukti iman kita kepada Kristus dan kemuliaan nama-Nya.

HIKMAT HARI INI

“Melalui kematian keinginan pribadi dan ambisi-ambisi pribadi, seseorang menjadi hamba Tuhan.” – William Barclay
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com