JANGAN BOSAN HIDUP BENAR!

Minggu,12 September 2021

BACAAN ALKITAB HARI INI

1 Samuel 27:1-12

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

1 Samuel 26:23a

RENUNGAN INSPIRASI

Jenuh berbuat baik, menjadi orang baik, dan mempertahankan hidup benar bisa saja melanda siapa pun. Masalah yang tak kunjung selesai, doa yang belum terjawab, dan tekanan hidup yang memberatkan bisa menimbulkan pemikiran lelah mengikut Tuhan, bosan hidup benar, dan merasa tak ada gunanya untuk terus percaya kepada Tuhan. Inilah juga yang dialami oleh Daud. 
Daud menjadi pelarian karena kejaran Saul, yang hendak membunuhnya. Namun dua kali memiliki kesempatan untuk membunuh Saul, ia lewatkan begitu saja karena berpegang teguh pada kebenaran Tuhan. Kini Daud bersama orang-orangnya harus hidup mencari perlindungan. Pengejaran Saul mungkin begitu menekannya, hingga Daud sampai pada satu titik jenuh dalam mempertahankan hidup benar. Daud pun mengambil langkah pintas dengan mencari perlindungan dari musuhnya. Suatu tindakan yang bertentangan dengan kehendak Tuhan. Perhatikan bahwa niat keliru Daud berawal dari pikiran yang salah. Tetapi Daud berpikir dalam hatinya: “Bagaimanapun juga pada suatu hari aku akan binasa oleh tangan Saul.” Sungguh berbanding terbalik dengan janji Tuhan kepadanya untuk menjadi raja Israel. Ia bahkan berpikiran negatif bahwa tidak ada yang lebih baik baginya selain meluputkan diri ke negeri orang Filistin. Daud yang sebelumnya begitu gigih mempertahankan hidup benar dengan tidak membunuh Saul, kini bertindak salah. Tindakan ini akhirnya menimbulkan banyak masalah, sampai-sampai ia berbohong kepada raja Akhis. Walau akhirnya Tuhan menolongnya, tetapi Daud harus membayar harga atas kesalahan tersebut. Kita pun bisa saja meragukan janji-janji firman-Nya, terlepas dari berapa lama kita menjadi orang percaya. Saat berada dalam kondisi tertekan, ada kalanya iman kita terguncang dan kita tergoda untuk menyimpang dari firman Tuhan. Namun ayat firman hari ini meneguhkan kita, bahwa Tuhan menghargai bahkan membalas kebenaran dan kesetiaan anak-anak-Nya. Karenanya, betapapun situasi sangat menghimpit, setiap keputusan dan tindakan kita harus tetap selaras dengan firman-Nya. Saat hendak mengambil keputusan, cobalah berpikir apa yang dikatakan oleh firman Tuhan dengan tindakan yang akan kita perbuat ini? Jangan pernah bosan untuk hidup benar dan jangan izinkan tekanan membuat kita menyimpang dari kebenaran-Nya! [RS]

REFLEKSI DIRI

1. Adakah situasi yang membuat Anda goyah dan tergoda melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan kebenaran firman Tuhan? Sebagai orang percaya, hal apa yang harus dilakukan?
2. Apa janji firman Tuhan bagi mereka yang tetap teguh hidup dalam kebenaran?

POKOK DOA

Tuhan, ampuni jika kadang aku meragukan janji firman-Mu. Mampukanlah aku Roh Kudus untuk selalu hidup seturut dengan kebenaran-Mu, sebab Engkau pun berjanji akan membalas kebenaran dan kesetiaan setiap orang. Di dalam nama Tuhan Yesus, aku berdoa, Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Andalkan selalu firman Tuhan dan berpeganglah pada janji-janji-Nya. Pikirkanlah selalu apakah setiap keputusan yang diambil selaras dengan firman Tuhan. Jika ya, barulah bertindak.

HIKMAT HARI INI

“Rahasia hidup pelayan adalah bahwa dia tetap hidup selaras dengan Tuhan sepanjang waktu.” – Oswald Chambers
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com