FORGIVE YOURSELF

Senin,13 September 2021

BACAAN ALKITAB HARI INI

Lukas 7:47

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

Yesaya 43:18

RENUNGAN INSPIRASI

Setiap manusia tidak luput dari kesalahan yang pernah diperbuat sepanjang hidupnya. Sebagai pengikut Kristus, kita diajarkan untuk dapat saling mengampuni kesalahan. Mudah tidaknya mengampuni berbanding lurus dengan besar kecilnya kasih. Semakin besar kasih yang kita miliki, semakin mudah pengampunan itu dilepaskan. Begitu juga sebaliknya, semakin kecil kasih yang kita miliki, mengampuni akan semakin sulit. Hal ini senada dengan sebuah peribahasa dalam bahas Inggris yang berbunyi: faults are thick where love is thin. Kita semua manusia yang tidak sempurna dan setiap kita masih bisa melakukan kesalahan. Semua orang yang pernah berbuat salah pantas mendapatkan pengampunan, termasuk atas diri kita sendiri. Terkadang orang lain sudah mengampuni kesalahan kita, namun kita sendiri masih tidak bisa memaafkan diri sendiri. 
Untuk bisa memaafkan diri sendiri dibutuhkan self-love. Pahami bahwa selain pengampunan dari orang lain, Anda pun perlu memaafkan diri sendiri untuk kesalahan yang pernah Anda buat. Selain memaafkan, ada satu proses lagi yang perlu dilakukan agar proses mengampuni diri sendiri menjadi sempurna dan tidak terungkit kembali, yaitu melupakan. Melupakan kesalahan adalah sebuah usaha secara sadar untuk tidak menyimpan dan terus-menerus mengungkit kesalahan yang pernah kita perbuat. Alkitab dengan jelas mengajarkan bahwa kasih yang sejati tidak menyimpan kesalahan. Berhentilah terus mengutuki diri karena kesalahan di masa lampau. Lepaskan pengampunan untuk diri Anda sendiri. Jangan mengungkit dan menyimpan kesalahan itu, kalaupun ada yang perlu diingat, itu adalah belas kasih Tuhan sendiri yang telah mengampuni semua kesalahan kita. [EV]

REFLEKSI DIRI

1. Ada kesalahan masa lampau yang masih sering terungkit dan membuat Anda sulit mengampuni diri sendiri?
2. Apa yang menjadi tantangan bagi Anda untuk bisa memaafkan dan melupakan kesalahan masa lampau?

POKOK DOA

Bapa, terima kasih untuk pesan-Mu bahwa aku pun perlu memaafkan diriku sendiri untuk kesalahan yang pernah ku perbuat. Bimbing aku ya Roh Kudus, agar dapat mempraktekkan forgive dan forget untuk diriku sendiri, amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Maafkan diri sendiri dengan cara mengasihi diri sendiri terlebih dahulu. Kesalahan masa lampau tidak untuk disimpan, yang perlu disimpan hanyalah pelajaran dan belas kasih Tuhan yang telah mengampuni kita.

HIKMAT HARI INI

Forgive yourself, forget the faults but don't forget the lesson.
Maafkan dirimu sendiri, lupakan kesalahan masa lalu, namun jangan lupakan pelajarannya.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com