GILA HORMAT

Selasa,14 September 2021

BACAAN ALKITAB HARI INI

Galatia 5:24-26

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

Galatia 5:26

RENUNGAN INSPIRASI

Sikap gila hormat tentu tak asing di telinga kita. Biasanya orang yang gila hormat berambisi untuk menjadi orang terpandang dan ingin dianggap penting. Secara umum, mereka berprinsip bahwa semua hal harus melalui mereka agar dianggap memiliki peran penting. Bersifat angkuh, dan setiap ucapannya harus didengar. Walau ingin sekali dihormati, mereka tak bisa menghormati orang lain, terutama kepada orang-orang yang tak memiliki jabatan tertentu. 
Dalam suratnya, Yakobus pernah menasihatkan agar jangan banyak orang yang ingin menjadi guru (Yakobus 3:1). Hal itu ia sampaikan karena saat itu pekerjaan guru merupakan posisi yang terhormat. Natur kita sebagai manusia memang ingin dihormati. Keinginan ini sebenarnya dilandasi akan harapan penerimaan dan pujian dari orang lain. Namun apakah itu kebutuhan kita? Ketika kita mengharapkan penghormatan dari manusia, itu hanya akan membawa kita pada jerat kesombongan, iri hati, yang pada akhirnya mengakibatkan kekecewaan. Itulah sebabnya Paulus menyampaikan agar janganlah kita gila hormat, saling menantang dan saling mendengki (Galatia 5:6). Sikap gila hormat ini ada jika kita tak memahami keberhargaan kita di mata Tuhan, sehingga ego kita kerap mencari pengakuan dan penghargaan dari manusia. Maka dari itu, nasihat Paulus sebaiknya menjadi acuan bagi kita, “Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya” (Galatia 5:24). Hal ini disampaikan Paulus karena ia tidak pernah mengharapkan penghormatan dari manusia. Baginya hal terpenting adalah mengejar kemuliaan nama Tuhan, dan ia tidak mau bermegah selain di dalam salib Tuhan Yesus. Tak ada hal paling berharga baginya selain Tuhan dan tujuan-Nya. Sebagai murid Kristus, kita tidak dipanggil untuk mencari kemuliaan bagi diri sendiri. Melangkahlah dengan keyakinan kita di dalam Tuhan, yang memang telah membuat kita berharga. Meski dihargai atau tidak, diakui atau tidak oleh orang lain, kita tetaplah pribadi yang berharga di mata-Nya. Dan hiduplah sesuai dengan jati diri kita sebagai orang yang bersikap terhormat karena Tuhan yang telah membuat kita berharga. [RS]

REFLEKSI DIRI

1. Apakah Anda begitu mendambakan penghormatan dari orang lain?
2. Mengapa kita tidak boleh gila hormat?

POKOK DOA

Tuhan terima kasih Engkau telah membuatku sedari awal berharga dan terhormat. Tolong aku supaya dalam hidup ini tak lagi mencari pengakuan dari orang lain, dan apa pun yang kulakukan demi kemuliaan nama-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus, aku berdoa, Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Lakukanlah apa pun dalam hidup ini hanya untuk kemuliaan nama Tuhan saja.

HIKMAT HARI INI

“Semakin ingin menunjukan diri kita agar diakui, dihormati, maka semakin tertekan, tegang dan melelahkan batin, dan biasanya makin tak disukai.”
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com