KEKUATAN DALAM KESEPAKATAN

Rabu,15 September 2021

BACAAN ALKITAB HARI INI

Ester 4:15-17

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

Matius 18:19-20

RENUNGAN INSPIRASI

Bila kita berbicara tentang tim olahraga, kebanyakan orang akan mengenal pemain penyerang atau pencetak gol terbanyak dalam sebuah tim, mungkin sang kapten tim atau pemain bintang dalam tim tersebut. Pemain ini biasanya dikenal sebagai pemain kunci dalam sebuah tim. Bila pemain itu berpindah klub maka kemungkinan klub yang ditinggalkan akan mengalami ketimpangan kekuatan atau penurunan peringkat. Sementara di dalam sebuah grup band, biasanya vokalis adalah peran yang paling populer dan banyak penggemarnya. Vokalis biasanya menjadi juru bicara dalam setiap wawancara. Para penggemar biasanya akrab dengan warna suara sang vokalis. Itu sebabnya, bila sebuah grup band kehilangan vokalis, maka bisa dipastikan grup band tersebut akan menghadapi masalah yang cukup besar. Lalu bagaimana dengan lingkungan pelayanan atau gereja? Siapakah yang menjadi pemain kunci dalam sebuah gereja sebagai entitas rohani yang melayani jemaat Tuhan? Setiap kita pasti akan menjawab bahwa pemegang peranan kunci adalah sang gembala, pengkhotbah atau pemimpin dalam gereja/pelayanan tersebut. Pendapat ini tidak salah, tetapi kita lupa ada satu peran dalam pelayanan yang sangat jarang terlihat tetapi sesungguhnya peran ini memiliki andil yang sangat besar dalam keberhasilan sebuah pelayanan. Peran itu adalah pendoa.
Di dalam Alkitab ada banyak kisah yang menceritakan betapa pentingnya peranan pendoa, tetapi hari ini marilah kita renungkan sejenak satu bagian firman Tuhan yang menceritakan kisah tentang Ratu Ester. Ester diperhadapkan pada situasi dimana seluruh bangsa Israel terancam untuk dimusnahkan bila raja Ahasyweros tidak mengubah dekrit yang telah disahkannya atas dasar nasihat jahat Haman, orang Agag. Namun, untuk dapat menghadap dan menyampaikan fakta yang sesungguhnya kepada raja, Ester harus mengambil resiko dihukum mati bila raja tidak mengulurkan tongkatnya kepada Ester. Itu sebabnya, sebelum menghadap raja, Ester menyampaikan pesan kepada seluruh bangsa Israel melalui pamannya, Mordekhai, agar seluruh bangsa Israel yang berada di wilayah Media Persia untuk berdoa dan berpuasa bersama. Kesatuan hati bangsa Israel pada masa itu, telah mengubah sejarah, karena ada kuasa dalam kesepakatan. Tuhan Yesus pernah berkata kepada murid-murid-Nya: “Jika dua orang dari padamu di dunia ini sepakat meminta apa pun juga, permintaan mereka itu akan dikabulkan oleh Bapa-Ku yang di sorga.” Berdoa secara korporat atau bersama-sama adalah hal yang sangat penting, karena ada kuasa Tuhan yang dinyatakan ketika orang percaya menyatukan hati dan roh mereka untuk sepakat menyampaikan doa permohonan kepada Allah. Mari kita mulai membangun kehidupan doa korporat kita di dalam mezbah keluarga, di dalam CORE, dan di dalam setiap kesempatan yang ada. Jika doa dua orang yang sepakat saja didengar dan dikabulkan oleh Tuhan, apalagi bila kita semua bersatu dan sepakat menaikkan doa dan permohonan kepada Tuhan. Pasti dahsyat kuasa-Nya! [HS]

REFLEKSI DIRI

1. Sudahkah Anda membangun mezbah doa korporat di dalam keluarga Anda? Bagaimana dengan di dalam CORE Anda?
2. Apa janji Tuhan mengenai orang yang sepakat menyampaikan doa permohonan kepada-Nya? Bagaimana Anda dapat menghidupi janji Tuhan ini di dalam kehidupan doa Anda?

POKOK DOA

Bapa dalam sorga, hari ini aku bersatu hati dengan seluruh keluargaku, kami memohon lawatan Allah dan pemulihan atas Indonesia. Kami bersepakat untuk terus menaikkan doa bersama-sama dengan semua orang beriman dan kami yakin kuasa Tuhan pasti dinyatakan. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Mulailah untuk membangun mezbah doa di dalam keluarga Anda. Saat seluruh anggota keluarga sepakat memanjatkan doa, maka sangat besar kuasanya.

HIKMAT HARI INI

There has never been a spiritual awakening in any country or locality that did not begin in united prayer. – Arthur T. Pierson
Tidak pernah ada kebangunan rohani di negara atau wilayah mana pun yang tidak diawali dengan kesatuan dalam doa.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com