KAGUM AKAN TUHAN

Jum'at,24 September 2021

BACAAN ALKITAB HARI INI

Matius 6:9

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

Wahyu 4:11

RENUNGAN INSPIRASI

Dalam doa yang diajarkan Yesus diawali sebuah ungkapan “Bapa kami yang di Surga”. Ungkapan “yang di Surga” tidak semata menyatakan bahwa Tuhan kita hanya berada di Surga, sebagaimana digagaskan, “Langit adalah takhta-Ku dan bumi adalah tumpuan kaki-Ku” (Yesaya 66:1). Dalam bahasa Ibrani, ungkapan “yang di Surga” ini berasal dari kata “shebashamayim” yang menitikberatkan otoritas, keilahian, serta kekuasaan yang dimiliki Tuhan selaku Khalik atas segala sesuatu. Ini menekankan suatu pengagungan kepada Tuhan. Maka arti “Bapa kami yang di Surga” merupakan penyatuan kata Bapa yang memaknai kasih-Nya yang juga dipadukan dengan keberadaan-Nya selaku Penguasa segalanya. Inilah yang seharusnya mendasari doa kita. Kita harus mengawali doa dengan pengagungan yang menyatakan kasih-Nya serta kebesaran-Nya yang ajaib. Perlu kita pahami bahwa kita mengagungkan kebesaran Tuhan, bukan agar Dia menjadi besar dan agung. Tanpa pengagungan kita pun, sesungguhnya Ia adalah Allah yang besar. Sebaliknya kita mengagungkan-Nya, untuk menyatakan keberadaan-Nya, yang memang layak menerima penghormatan kita.
Betapa sering kita melupakan keagungan Tuhan, menyatakan keberadaan-Nya dan menghormati-Nya. Kita terfokus pada segala kebutuhan, sehingga doa-doa yang kita panjatkan pun kerap berisikan serentetan permohonan. Padahal Tuhan pantas menerima puji dan hormat kita, sebab Ia telah menciptakan segala sesuatu, dan oleh karena kehendak-Nyalah semuanya ada. Doa kita seharusnya merupakan pengabdian di mana hati kita selalu kagum akan keberadaan-Nya, dan rindu mengembalikan kemuliaan kepada-Nya. Dengan demikianlah kita dapat menikmati hadirat-Nya dan memuji kebesaran-Nya. Tambahkan pujian dan penghormatan dalam doa Anda. Kagumilah Tuhan atas keagungan-Nya. Kita bisa mengagungkan kebesaran-Nya, keadilan-Nya, kebaikan-Nya, perbuatan-perbuatan ajaib yang telah dilakukan-Nya bagi kita. Marilah kita mengembalikan sesuatu yang memang layak kita kembalikan bagi-Nya. Sudahkah Anda mengagungkan Tuhan dalam doa-doa Anda? [RS]

REFLEKSI DIRI

1. Sudahkah Anda selalu mengagungkan kebesaran Tuhan dalam setiap doa-doa yang Anda panjatkan?
2. Mengapa kita perlu menyatakan dan mengagungkan kebesaran Tuhan di dalam doa-doa kita?

POKOK DOA

Ya Tuhanku, aku hendak bermazmur dan mengagungkan kebesaran-Mu selagi aku ada, karena Engkau layak menerima hormat. Di dalam nama Tuhan Yesus aku naikkan pujianku. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Panjatkan pengagungan, serta pujilah kebesaran dan kemahakuasaan Tuhan kita senantiasa di dalam doa-doa yang kita panjatkan.

HIKMAT HARI INI

“Berikanlah sesuatu yang layak kita kembalikan kepada Tuhan, dan hal mendasar yang perlu dikembalikan adalah penghormatan kita kepada-Nya.”
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com