PRAYER OVERCOMING TEMPTATION

Sabtu,25 September 2021

BACAAN ALKITAB HARI INI

Ayub 1:13-22

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

Lukas 22:40

RENUNGAN INSPIRASI

Easton’s Bible Dictionary mendefinisikan pencobaan sebagai sebuah godaan atau undangan untuk berdosa. Cobaan adalah segala sesuatu yang dapat mempengaruhi kita untuk tidak mentaati Tuhan, dan cobaan nyaris terjadi setiap hari dalam kehidupan kita. Dalam menghadapi cobaan nyatanya banyak orang Kristen yang gagal tetap berada dalam kehendak Tuhan. Tapi mari perhatikan sejenak pencobaan yang dialami Ayub. Ia dicobai habis-habisan oleh Iblis dan dalam hal ini bentuk pencobaan Ayub adalah musibah. Ia kehilangan tujuh anak laki-laki, tiga anak perempuan, tujuh ribu ekor kambing domba, tiga ribu ekor unta, lima ratus pasang lembu, dan lima ratus keledai betina. Ketika mendengar kabar tersebut, lihat apa yang segera Ayub lakukan. “Maka berdirilah Ayub, lalu mengoyak jubahnya, dan mencukur kepalanya, kemudian sujudlah ia dan menyembah”. 
Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering dihadapkan dengan cobaan yang memancing respon dan reaksi kita. Situasinya macam-macam, bahkan bisa sesederhana kita berada dalam lingkungan yang hobi menjelek-jelekan seseorang. Cobaan lainnya dapat berupa godaan, yakni godaan untuk korupsi, godaan secara emosional, godaan seksual, godaan untuk menjatuhkan sesama, hingga godaan untuk meninggalkan Tuhan, dan masih banyak lainnya. Kita dapat melihat Ayub yang segera berdoa ketika cobaan menerpa hidupnya. Firman Tuhan memberitahu kepada kita, “berdoalah kepada Allah agar kalian tidak ditaklukkan oleh cobaan” (Lukas 22:40 FAYH). Kita tahu bahwa roh penurut, tetapi daging lemah. Oleh karena itu, menahan godaan dosa akan sangat sulit jika kita lakukan sendiri, kita perlu berdoa memohon hikmat dan pertolongan Tuhan, sebab Ia adalah setia dan tidak akan membiarkan pencobaan melebihi kekuatan kita, bahkan Ia memberi jalan keluar sehingga kita dapat menanggungnya. Jika saat ini atau dalam beberapa waktu ke depan Anda dihadapkan pada cobaan, temukan satu kekuatan yang adikodrati melalui doa kepada Allah, sembari menggunakan pikiran logis kita untuk tidak menempatkan diri dalam situasi yang membuat kita lemah atas suatu godaan. [LS]

REFLEKSI DIRI

1. Apa yang paling sering membuat Anda jatuh dalam dosa ketika dihadapkan pada satu pencobaan?
2. Bagaimana caranya supaya Anda tidak ditaklukkan oleh pencobaan?

POKOK DOA

Tuhan, dalam hatiku aku menyimpan janji-Mu, supaya aku jangan berdosa terhadap Engkau. Firman-Mu berjanji bahwa aku tidak akan dicobai melebihi apa yang dapat kutanggung. Dagingku memang lemah, tapi aku percaya kuasa Roh Kudus-Mu akan memberiku kekuatan untuk melawan godaan dosa. Di dalam nama Yesus aku berdoa dan memohon. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Ketika dihadapkan pada suatu cobaan, berdoalah kepada Tuhan, perkatakan janji-janji-Nya dalam doa Anda. Anda juga perlu menghindari situasi/keadaan yang membuat Anda lemah atas suatu godaan.

HIKMAT HARI INI

Jika kita tidak tinggal dalam doa, kita akan tinggal dalam pencobaan.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com