LEPASKAN KAMI DARI YANG JAHAT!

Minggu,26 September 2021

BACAAN ALKITAB HARI INI

Daniel 10:11-21

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

Efesus 6:18

RENUNGAN INSPIRASI

Ada satu peristiwa di mana Daniel mendapat suatu penglihatan. Dalam penglihatan itu ia melihat peperangan di alam roh, di mana ada kuasa si jahat yang menghalanginya untuk menerima berita Allah, sehingga jawaban doa itu tertunda. Satu kejadian yang mengharukan bahwa malaikat datang membawa pesan agar Daniel jangan takut. Sebab sejak hari pertama, permohonan Daniel untuk mendapat pengertian, untuk merendahkan diri di hadapan Tuhan sebenarnya sudah didengar. Namun, ada pemimpin kerajaan orang Persia yang berdiri 21 hari lamanya menentang malaikat itu. Sampai kemudian Mikhael pun datang menolongnya, maka malaikat itu bisa menjumpai Daniel dan memberitahu pengertian yang akan terjadi pada bangsanya di hari-hari terakhir. Setelah itu, malaikat tersebut akan kembali berperang dengan pemimpin orang Persia tadi, yang akan berlanjut melawan penguasa Yunani. Apa yang dialami Daniel ini memberi pengertian bagi kita bahwa peperangan di alam roh adalah suatu realita, namun sekaligus meneguhkan kita bahwa kuasa Iblis akhirnya akan takluk di hadapan Tuhan.
Paulus sendiri menyebutkan bahwa sebagai orang percaya, perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, penguasa-penguasa, penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, dan roh-roh jahat di udara. Karenanya, kita harus membekali diri dengan perlengkapan senjata Allah, yaitu kebenaran, keadilan, kerelaan memberitakan Injil, iman, dan firman Allah (Efesus 6:10-18). Menarik untuk memperhatikan pesan Rasul Paulus ini, di akhirnya kita diperintahkan untuk mengenakannya dalam segala doa dan permohonan, di setiap waktu di dalam Roh, serta berjaga-jaga dalam doa tersebut dengan permohonan yang tak putus-putusnya. Hari ini mungkin ada doa-doa yang kita panjatkan tak kunjung terjawab. Jangan pernah menyerah. Kita tak bisa menampik bahwa Iblis akan terus bekerja selagi mereka memiliki kesempatan, karena akan tiba waktunya mereka akan mendapat penghukuman kekal di api Neraka (Matius 8:29). Salah satu upaya mereka dalam melemahkan iman kita adalah menghalangi terjawabnya doa-doa orang-orang benar. Namun kita tak perlu takut! Meski si Jahat terus berupaya, teruslah berdoa dan tetaplah kuat seperti kata firman-Nya, “Hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasa-Nya!”[RS]

REFLEKSI DIRI

1. Apakah hal yang bisa menghalangi doa orang percaya tidak segera terjawab?
2. Bagaimana cara kita mengatasi siasat si Iblis yang berusaha menghalangi doa kita dijawab?

POKOK DOA

Tuhan, aku sadar bahwa Iblis dengan kuasanya akan terus berusaha menghalangi kehendak-Mu terjadi. Tetapi dengan kuasa Roh Kudus-Mu dan perlengkapan senjata Allah, maka aku akan menang. Aku berdoa, agar aku terus berjaga-jaga, mampukanlah aku. Dalam nama Yesus, Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Perlengkapi diri dengan kebenaran, keadilan, kerelaan memberitakan Injil, iman, dan firman Allah, kuasa Roh Kudus dalam segala doa dan permohonan yang tak putus-putusnya.

HIKMAT HARI INI

“Sehebat apa pun kuasa si Iblis, tidak akan menang di dalam Tuhan melalui doa orang benar.”
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com