JANGAN LUPAKAN BERKATMU

Senin,27 September 2021

BACAAN ALKITAB HARI INI

Kejadian 3:1-6

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

Mazmur 40:5

RENUNGAN INSPIRASI

Salah satu taktik Iblis adalah membuat kita meragukan kebaikan hati Tuhan. Mari belajar dari bacaan Alkitab kita hari ini. Memang benar bahwa ular adalah binatang paling cerdik di darat yang Tuhan ciptakan, kita bisa melihat bagaimana strategi pertamanya dalam menggoyahkan dan membujuk Hawa menentang Allah. Iblis menggunakan pertanyaan yang menjerat, “Tentulah Allah berfirman: Semua pohon dalam taman ini jangan kamu makan buahnya, bukan?”. Melalui pertanyaan ini, kita tahu bahwa Iblis sedang berusaha mengelabui dan menggiring perhatian Hawa pada satu-satunya buah dari pohon yang dilarang (ayat 2-3), dari sekian banyaknya buah-buahan pohon lain yang Allah ijinkan untuk dimakan. Sebelumnya, kita dapat melihat kemurahan Tuhan melalui Kejadian 2:16, bahwa semua pohon dalam taman itu boleh dimakan buahnya dengan bebas. Tapi setelah mendengar pertanyaan licik yang menggiring dari Iblis, kita membaca bahwa Hawa tertarik hatinya, dengan kata lain Hawa mengingininya. Inilah yang mencobainya, menyeretnya dan melahirkan dosa.
Ini harus menjadi peringatan bagi kita. Taktik yang Iblis lakukan masih berlangsung sampai saat ini. Iblis akan terus berupaya menutupi kemurahan Allah yang luar biasa dengan cara mengelabui perhatian kita pada apa yang tidak kita miliki. Inilah pentingnya untuk secara rutin dan sengaja mengingat berkat-berkat Tuhan yang telah kita terima, dan mengucap syukur atasnya. Renungkanlah ketika tabung oksigen dihargai mahal di rumah sakit, pernahkah Anda mengucap syukur untuk hembusan napas yang Tuhan berikan secara cuma-cuma? Jika masih ada makanan dan minuman yang masih bisa kita nikmati hari ini, bukankah itu datangnya dari Tuhan? Jika kita masih bisa tiba di kantor dan beraktivitas dengan leluasa, bukankan itu juga kemurahan Tuhan? Masih banyak perbuatan ajaib Tuhan lainnya yang dapat kita renungkan. Mari ingat-ingat berkat Tuhan setiap hari dan ucapkanlah syukur. [LS]

REFLEKSI DIRI

1. Apa kaitan antara dosa karena keinginan dengan gaya hidup mengucap syukur?
2. Apakah Anda pernah terjatuh dalam dosa karena terpikat keinginan Anda sendiri? Bagaimana Anda dapat menangkal itu?

POKOK DOA

Tuhan Yesus, aku tidak mau terjebak dengan keinginanku sendiri. Terima kasih untuk napas kehidupan yang Kau berikan bagiku. Aku mengucap syukur untuk keberadaanku saat ini. Aku sehat, aku kuat, aku bisa menikmati makanan, minuman, dan beraktivitas sebagaimana adanya itu semua karena kemurahan-Mu. Biarlah setiap detik hidupku aku persembahkan sebagai rasa syukurku. Haleluya, Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Ingat-ingat dan ucapkanlah syukur atas berkat-berkat Tuhan yang kita terima setiap hari.

HIKMAT HARI INI

Gratitude turns what we have into enough.
Mengucap syukur mengubah apa yang kita miliki menjadi cukup.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com