KELUHAN YANG TAK TERKATAKAN

Kamis,30 September 2021

BACAAN ALKITAB HARI INI

Roma 8:18-27

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

Roma 8:26

RENUNGAN INSPIRASI

Pernahkah Anda mengalami beban berat, hingga untuk berkata-kata pun Anda tak sanggup lagi? Hana pernah begitu menderita karena sering dihina oleh madunya Penina. Ia pun mencurahkan isi hatinya di hadapan Tuhan, dengan pedih hati ia berdoa sambil menangis tersedu-sedu. Pada akhirnya Tuhan memperhatikan kesengsaraan yang dialami oleh Hana. Kehidupan manusia tak terpisahkan dengan penderitaan. Inilah juga yang dikatakan oleh Rasul Paulus, “Sebab kita tahu, bahwa sampai sekarang segala makhluk sama-sama mengeluh dan sama-sama merasa sakit bersalin.” Memang penderitaan bisa melemahkan kita dan beban berat bisa menguras kekuatan kita. Dengan segala keterbatasan, kita pun tak berdaya menghadapi keadaan. Namun ternyata, kita memiliki sumber kekuatan yang tak terbatas dari Sorga, yaitu melalui doa. Sebagaimana Paulus katakan, “Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.”
Kadangkala di tengah penderitaan dan kelemahan, kita tidak tahu apa yang harus kita lakukan. Bahkan orang terdekat sekalipun terkadang tidak dapat memahami kita sepenuhnya. Namun ada satu kabar baik bahwa kita dapat datang kepada Tuhan yang mengenal diri kita lebih daripada diri kita sendiri. Bahkan ketika kita tak lagi mampu berkata-kata di dalam doa, Roh-Nya yang ada di dalam kita turut merasakan, bahkan Roh itu berdoa untuk kita agar kita dikuatkan. Roh itu juga yang menuntun kita kepada kehendak-Nya, membuat kita memahami apa yang Tuhan mau di dalam hidup kita. Itulah sebabnya, doa bukan sekadar kewajiban rohani. Sebaliknya doa harus menjadi bagian hidup kita, yang merupakan hasrat terdalam kita untuk menghampiri Tuhan, sebagai bukti ketergantungan kita pada-Nya. Apakah saat-saat ini Anda mengalami penderitaan berat yang membuat Anda merasa lemah dan tak dapat berkata-kata? Berdoalah kepada Tuhan sekalipun hanya dengan tangisan. [RS]

REFLEKSI DIRI

1. Apakah Anda sedang mengalami situasi sulit, di mana Anda tidak bisa berkata-kata lagi?
2. Hal apa yang seharusnya Anda lakukan mengatasinya?

POKOK DOA

Tuhan, aku sungguh bersyukur karena aku tidak pernah dibiarkan sendiri dalam mengatasi kelemahan. Bahkan di saat aku tidak bisa lagi berkata-kata, Roh-Mu berdoa untukku. Terima kasih ya Tuhan, tolong aku untuk selalu melekat pada-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus, Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Jadikanlah doa sebagai sarana untuk membangun kedekatan hubungan dengan Tuhan. Seberat apa pun keadaan Anda, hampiri Tuhan selalu di dalam doa.

HIKMAT HARI INI

“Kita tidak akan merasa lemah ketika kita berdoa, sebab doa mempersekutukan kita dengan kuasa yang tak terbatas.”
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com