JANGAN TERGESA

Kamis,14 Oktober 2021

BACAAN ALKITAB HARI INI

1 Samuel 13:5-14

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

Amsal 19:2b

RENUNGAN INSPIRASI

Dunia modern menginginkan semua hal serba cepat dan instan. Keinginan agar segalanya bisa lebih cepat dari hari kemarin membuat manusia hidup seolah-olah selalu dikejar waktu, dan waktu yang ada sepertinya tidak pernah cukup. Hal ini lama-kelamaan menghasilkan pola perilaku tergesa-gesa pada manusia modern. Sedangkan sikap tergesa-gesa berpotensi menimbulkan banyak kesalahan. Tergesa-gesa dalam berkendara menyebabkan seseorang memutuskan untuk menerobos lampu lalu lintas yang dapat mengakibatkan kecelakaan. Tergesa-gesa berangkat ke suatu tempat dapat menyebabkan seseorang akhirnya lupa membawa barang-barang yang seharusnya dibawa. Tergesa-gesa dalam mengambil keputusan dapat menyebabkan seseorang mengambil keputusan yang ternyata menimbulkan kerugian besar dan berdampak jangka panjang.
Saul, raja Israel yang pertama pun pernah memiliki pengalaman yang sama. 1 Samuel 13:1-14 menceritakan bagaimana Saul dalam keadaan terdesak dan panik karena dikepung oleh tentara musuh, membuatnya mengambil keputusan yang tergesa-gesa untuk mempersembahkan korban bakaran di mana seharusnya ia menunggu hingga Samuel datang. Perbuatannya itu dianggap sebagai perbuatan bodoh dan menunjukkan ketidaktaatan terhadap perintah Tuhan, sehingga sejak hari itu Tuhan tidak lagi berkenan kepada Saul sebagai raja Israel. Berbagai macam keadaan sangat mungkin mengakibatkan kita menjadi tergesa-gesa, namun dalam situasi mendesak sekalipun, kita harus tetap tenang. Bukan berarti kita dapat melakukan segalanya dengan lambat, tapi kita bisa bergerak cepat tanpa tergesa-gesa. Tolok ukurnya adalah tergesa-gesa identik dengan hanya ingin cepat saja tanpa mempertimbangkan faktor lain yang tak kalah penting. Anda bisa bergerak cepat namun tetap dalam keadaan tenang untuk mempertimbangkan faktor lainnya. Biasakan diri untuk tetap tenang dalam segala situasi karena sikap tenang dapat menghindarkan kita dari salah melangkah dan tetap ada dalam perkenanan-Nya. [EV]

REFLEKSI DIRI

1. Apakah Anda termasuk orang yang tergesa-gesa dalam melakukan segala sesuatu?
2. Kesalahan atau kerugian apa saja yang pernah Anda alami akibat tergesa-gesa?

POKOK DOA

Bapa, ampuni aku jika selama ini sering tergesa-gesa dalam segala perilaku hingga sering melupakan-Mu. Ajarku, ya Roh Kudus, untuk bisa senantiasa tenang dalam Tuhan dan selalu mengikuti petunjuk Tuhan di setiap langkah dan keputusanku. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Dalam situasi dan keadaan apapun, bergeraklah dalam kecepatan yang sesuai, terukur, dan tetap tenang dalam Tuhan agar kita terhindar dari banyaknya kesalahan.

HIKMAT HARI INI

“If we follow an unrushed Jesus, we should be living an unrushed life.” - Craig Groeschel.
Jika kita mengikuti Tuhan yang tidak tergesa-gesa, kita seharusnya menjalani hidup yang tidak tergesa-gesa juga.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com