ATTITUDE IS EVERYTHING

Sabtu,16 Oktober 2021

BACAAN ALKITAB HARI INI

Filipi 4:8-9

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

Filipi 2:5

RENUNGAN INSPIRASI

Melalui buku Strengthening Your Grip, pendidik sekaligus pengkhotbah Charles R. Swindoll mengatakan bahwa satu-satunya keputusan paling signifikan yang dapat ia buat setiap hari adalah attitude atau sikapnya. Bagi Swindoll, hidup adalah 10% apa yang terjadi padanya, dan 90% bagaimana ia bereaksi terhadap apa yang terjadi padanya. Sikap itu ibarat single string atau tali tunggal yang dapat membuat kita terus bergerak maju atau justru melumpuhkan kita. Ketika sikap kita benar, tidak ada penghalang yang terlalu tinggi, tidak ada lembah yang terlalu dalam, tidak ada mimpi yang terlalu ekstrim, dan tidak ada tantangan yang terlalu besar.
Tuhan sendiri tertarik dengan attitude anak-anak-Nya. Firman Tuhan menginstruksikan kita untuk terus mengalami perubahan dalam pikiran dan perbuatan. Petunjuk terbaik bagi orang percaya dalam hal ber-attitude dapat ditemukan di dalam Filipi 2:5. Alkitab New Living Translation menerjemahkannya secara sederhana, bahwa kita harus memiliki sikap yang sama dengan Kristus Yesus. Kita tahu bahwa hidup yang dijalani Yesus di dunia bukanlah kehidupan yang mudah, tapi kita juga tahu bahwa sikap yang Yesus tunjukkan atas setiap keadaan adalah sikap yang bajik. Sikap-Nya selalu mencerminkan kesabaran, kerendahan hati, kemurahan, dan belas kasih. Dengan sikap sedemikian rupa, tidak ada penghalang yang terlalu tinggi atau lembah yang terlalu dalam bagi Yesus untuk menggenapi tujuan-Nya di dunia ini. Oleh karena itu, kita pun harus belajar menundukkan attitude kita di bawah firman Tuhan. Mengingat bahwa salah satu komponen utama attitude adalah perasaan, maka kita perlu belajar menguasai perasaan kita dan mengalihkannya pada pandangan Tuhan, sebagaimana yang dikatakan Rasul Paulus, "Kami menawan segala pikiran dan menaklukkannya kepada Kristus" (2 Korintus 10:5). Dari sini kita menemukan korelasi bahwa dalam mengusahakan attitude yang terpuji, kita perlu memusatkan pikiran kita dengan hal-hal yang ada dalam firman Tuhan. Ketika kita mulai memikirkan hal-hal yang benar, hal-hal yang mulia, yang adil, yang manis, dan yang sedap didengar, maka demikianlah yang akan terpancar melalui attitude kita. [LS]

REFLEKSI DIRI

1. Bagaimana dengan attitude Anda?
2. Adakah attitude yang perlu diperbaiki? Apa yang bisa Anda lakukan untuk dapat memiliki attitude seperti Yesus?

POKOK DOA

Tuhan Yesus, terima kasih untuk teladan luar biasa yang Kau berikan bagi kami. Memang benar, kehidupan-Mu selalu mencerminkan sikap-sikap yang bajik. Aku mau belajar bersikap seperti-Mu melalui firman yang kubaca setiap hari. Di dalam nama Yesus aku berdoa. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Perbaiki attitude kita dengan cara belajarlah untuk menaruh dan mentaati firman Tuhan di atas perasaan dan pikiran kita. Disiplinkan diri untuk mulai memikirkan hal-hal yang terpuji.

HIKMAT HARI INI

“The key to friendship with God, he said, is not changing what you do, but changing your attitude toward what you do.” -Rick Warren
Kunci persahabatan dengan Tuhan, katanya, bukanlah mengubah apa yang Anda lakukan, tetapi mengubah sikap Anda terhadap apa yang Anda lakukan.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com