SETIAP KITA ADALAH BINTANG

Minggu,17 Oktober 2021

BACAAN ALKITAB HARI INI

Matius 7:12

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

Yesaya 43:4a

RENUNGAN INSPIRASI

Beberapa waktu lalu, lagu "Celebrity" milik IU masuk dalam jajaran video trending di situs YouTube. Lagu tersebut terinspirasi dari seorang temannya yang selalu dipandang aneh oleh orang lain karena selera berpakaiannya, sifat pemalunya, dan bahkan bakat yang dimilikinya. Lirik lagu itu adalah ungkapan yang ingin ia sampaikan pada temannya tersebut. Menurut IU, arti lagu ini berhubungan dengan banyak orang. IU menyampaikan bahwa setiap orang adalah bintang bagi dirinya sendiri. Sepenggal lirik tersebut berbunyi, "Jangan lupa bahwa di antara awan yang gelap, kamu adalah bintang yang dilukis. Tak dapatkah kamu melihat bahwa sesuatu yang unik bisa jadi sangat indah." Walau tak menyebut siapa teman yang dimaksud, tak sedikit yang menduga lagu itu ditujukan pada sahabatnya Sulli, yang telah mengakhiri hidupnya pada 14 Oktober 2019 lalu.
Makna lagu ini sekaligus mengajak kita untuk memahami bahwa setiap kita harus memandang diri kita dan juga sesama kita sebagai pribadi yang unik dan berharga. Sebagai pribadi yang berbeda satu sama lain dan memiliki keunikan masing-masing, peran kita adalah memiliki toleransi, menunjukkan sikap hormat, serta memelihara rasa empati kepada sesama. Bagaimana pun juga setiap orang berhak dihargai, terlepas dari status mereka, preferensi mereka, dan berbagai hal lainnya yang mungkin berbeda dan serasa aneh bagi kita. Bukankah setiap orang memang diciptakan unik dan berharga di mata Tuhan? Apa yang telah Yesus hidupi seharusnya menjadi teladan kita. Bagaimana Yesus sendiri sangat memandang berharga setiap insan. Bagaimana Ia bersikap baik kepada setiap orang, baik dari status dan kalangan apa pun, bahkan kepada orang yang secara terang-terangan membenci-Nya. Bagaimana Yesus menolong setiap orang selalu didasari oleh belas kasihan-Nya. Bukankah perbuatan-perbuatan Yesus yang demikian juga seharusnya tampak dalam cara kita berperilaku? Sesungguhnya wujud iman yang sejati tampak dari cara kita memandang dan memperlakukan sesama kita dengan berharga dan menunjukkan belas kasihan kepada sesama. Mulai hari ini pandang setiap orang berharga, perlakukan mereka dengan sopan, hargai setiap perbedaan, jangan menghina perbedaan mereka apalagi menjadikannya sebagai bahan gosip dengan sesama. Ketika tergoda memandang rendah seseorang ingatlah akan ucapan Yesus, "Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi." Karena setiap kita adalah bintang, pribadi yang berharga di mata Tuhan. [RS]

REFLEKSI DIRI

1. Sudahkah Anda memandang dan memperlakukan setiap orang berharga? Dengan cara seperti apa?
2. Adakah penghalang di mana Anda merasa kesulitan untuk menghargai setiap orang? Langkah apa yang akan Anda lakukan untuk mengatasinya?

POKOK DOA

Tuhan Yesus, setiap kami adalah pribadi-pribadi yang istimewa dan berharga dalam pandangan-Mu. Sebagaimana Engkau memperlakukan kami berharga, tolonglah kami juga untuk menghargai dan memperlakukan sesama dengan baik. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Pandang setiap orang berharga, perlakukan mereka dengan sopan, hargai setiap perbedaan, tidak mencela setiap perbedaan.

HIKMAT HARI INI

“Buatlah orang lain merasa sangat berharga.”– John Maxwell
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com