PELAJARAN DALAM KESENDIRIAN

Kamis,21 Oktober 2021

BACAAN ALKITAB HARI INI

Markus 4:33-34

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

Markus 4:34b

RENUNGAN INSPIRASI

Ada kalanya kehidupan membuat kita menyendiri. Keadaan pengasingan itu bisa dikarenakan pengalaman buruk, kekecewaan, hubungan yang buruk, kehilangan orang yang dicintai, penyakit, gangguan mental, dan kegagalan. Hal-hal tersebut dapat terjadi dalam hidup kita, bahkan atas izin Tuhan. Ketika diperhadapkan dengan situasi demikian, acap kali melalui kesendirian kita, Tuhan mengajarkan kita suatu hal baik, yang tidak kita peroleh sebelumnya.
Jika kita melihat ayat firman Tuhan hari ini, Tuhan menguraikan segala sesuatu secara tersendiri kepada para murid. Sering kali kesendirian ini dipakai Tuhan untuk melatih dan mengajar. Mungkin ada hal-hal yang perlu dibenahi di dalam diri kita, sehingga kita lamban untuk bertumbuh. Kita harus menyadari bahwa hanya Tuhanlah yang sungguh memahami kita, bahkan lebih dari diri kita sendiri. Itu sebabnya, ketika kita mengalami hal-hal yang membuat kita menyendiri, entah karena alasan apa pun, di sanalah kita merasakan kehadiran dan kuasa-Nya. Sama seperti apa yang dialami oleh Ayub, ketika keadaan mengharuskannya mengalami kesendirian, dari sanalah ia berujar, "Hanya dari kata orang saja aku mendengar tentang Engkau, tetapi sekarang mataku sendiri memandang Engkau." (Ayub 42:5). Hari-hari ini, hal apakah yang membuat Anda merasa sendiri? Dekatkan diri kepada Tuhan, introspeksi diri, dan berserulah kepada-Nya. Seperti yang dikatakan oleh Oswald Cambers, "Ketika kesombongan kita terluka, Ia akan mengungkapkan sejumlah hasrat dan keinginan kita yang salah, untuk itulah Ia akan menggiring kita untuk menyendiri bersama-Nya." [RS]

REFLEKSI DIRI

1. Adakah keadaan yang membuat Anda menghadapi kesendirian? Hal apa yang sebaiknya Anda lakukan dalam momen kesendirian?
2. Apa janji Tuhan bagi Anda yang mengalami kesendirian?

POKOK DOA

POKOK DOA
Tuhan Yesus, apa pun yang menyebabkanku berada dalam kesendirian, aku percaya ada hal baik yang hendak Engkau ajarkan. Tolong aku agar memiliki hati yang lembut dan mau bertumbuh. Dalam nama Yesus aku berdoa. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Dalam kesendirian yang Anda alami, dekatkan diri pada Tuhan, rasakan kasih-Nya dan Anda akan menemukan hal baik apa yang Tuhan kerjakan dalam hidup Anda.

HIKMAT HARI INI

“Ketika Allah membuat kita menyendiri bersama-Nya untuk membereskan banyak hal, semuanya itu akan menjadi jelas.” – Oswald Cambers
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com