HIDUP HARUS JADI BERKAT

Minggu,24 Oktober 2021

BACAAN ALKITAB HARI INI

Filipi 1:20-22

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

Filipi 1:21

RENUNGAN INSPIRASI

Kematian perancang busana Kirzayda Rodriguez menyisakan banyak kisah mengharukan sekaligus menguatkan. Sejak mendapat diagnosis kanker perut, Rodriguez kerap membagikan aktivitasnya secara terbuka. Terlepas dari perjuangannya melawan penyakit, ia masih membuat postingan harian yang penuh dengan inspirasi mode, gaya, dan kesehatan, serta momen-momen yang menggugah hati. Dalam salah satu postingannya ia mengungkap, “Perjalanan setiap orang berbeda, Tuhan tidak membuat kesalahan, apa yang seharusnya terjadi akan terjadi. Saya tidak marah. Saya bersyukur atas semua kesempatan yang telah saya terima.” Pesan-pesan kehidupan yang berharga ia tampilkan melalui sikap positifnya. 
Apa yang dilakukan oleh Kirzayda Rodriguez mengingatkan kita akan kehidupan yang harus menjadi berkat, terlepas dari situasi apa pun yang kita alami. Pesan serupa pernah dituliskan oleh Rasul Paulus ketika mendekam di dalam penjara. Ia menyatakan bagaimana kehidupan dan kematian kita sebagai orang yang percaya seharusnya adalah sesuatu yang berguna di hadapan Tuhan dan sesama. Bahkan kematian orang benar merupakan suatu keuntungan, yang pastinya berharga di mata Tuhan. Hal ini dikarenakan Paulus tahu betul dasar dan tujuan dari kehidupan serta kematiannya hanyalah Kristus. Baginya, kematian adalah hasil dari kehidupan itu sendiri. Kehidupan adalah kesempatan untuk bekerja dan menghasilkan buah agar Kristus dimuliakan di dalam tubuhku, baik oleh hidupku, maupun oleh matiku. Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan. Demikianlah juga dengan kita. Karenanya, selagi masih diberi kesempatan hidup, mengasihilah lebih sungguh kepada keluarga dan sesama, berbuatlah baik kepada semua orang, hasilkanlah karya-karya yang baik dan berguna bagi banyak orang, layanilah sesama, dan jadilah pribadi yang berdampak di mana pun. Kelak saat kita telah tiada, hidup kita telah menjadi berkat, yang telah menyaksikan kasih karunia Kristus secara nyata. [RS]

REFLEKSI DIRI

1. Bagaimanakah seharusnya kehidupan dan kematian kita sebagai orang percaya?
2. Seperti apakah pesan baik tentang Kristus, yang sudah Anda tunjukkan dalam kehidupan Anda? Dalam hal apa hidup Anda masih kurang menyaksikan Kristus, dan langkah apa yang akan Anda lakukan untuk memperbaikinya?

POKOK DOA

Tuhan, aku sangat bersyukur atas kehidupan yang telah Kau beri bagiku. Di mana pun aku berada, selama masih hidup, mampukanlah aku untuk menjadi berkat bagi banyak orang lewat pikiran, perkataan, dan perbuatanku. Di dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Selagi masih ada waktu, mengasihilah lebih sungguh kepada keluarga dan sesama, berbuatlah baik kepada semua orang, hasilkanlah karya-karya yang baik dan berguna bagi banyak orang, layanilah dengan talenta, dan jadilah pribadi yang berdampak di mana pun berada.

HIKMAT HARI INI

“Setiap tindakan hidup kita menekan sebuah nada yang bergema di dalam kekekalan.” – Rick Warren
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com