KEMALASAN PENGHALANG BERKAT

Minggu,31 Oktober 2021

BACAAN ALKITAB HARI INI

Yosua 18:1-10

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

Amsal 21:25

RENUNGAN INSPIRASI

Santo Thomas Aquinas mendefinisikan kemalasan sebagai “kesedihan dalam hal kebaikan rohani” dan sebagai “kelesuan budi yang melalaikan untuk memulai kebaikan”. Ini berarti kemalasan membatasi kita untuk berbuat sesuatu yang baik, yang juga menghalangi kita untuk mencapai kehendak Allah dalam kehidupan ini. Inilah yang terjadi kepada bangsa Israel. Tuhan berjanji akan memberikan tanah Kanaan kepada seluruh bangsa Israel. Kendati demikian, setelah tiba saatnya mereka memperoleh janji tersebut, masih tinggal tujuh suku di antara orang Israel yang belum mendapat bagian. Lantas Yosua sebagai pemimpin menegur bangsa itu dengan mengatakan, “Berapa lama lagi kamu bermalas-malas, sehingga tidak pergi menduduki negeri yang telah diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allah nenek moyangmu?”. Ternyata kemalasan mereka sendirilah yang menjadi penghalang kebaikan dan berkat Tuhan. Meski ada suku-suku Israel yang rajin, namun sebagian suku bermalas-malas.
Bukankah hal demikian bisa terjadi kepada kita? Seringkali ketidakberhasilan yang kita alami bukan karena kurangnya anugerah Tuhan, kurangnya pengetahuan dan kemampuan, tetapi dikarenakan kemalasan kita sendiri. Kita kurang berusaha dan kurang bekerja keras. Dari sini kita memahami bahwa kemalasan tidak boleh dianggap sepele. Kemalasan menjauhkan kita dari berkat dan kehendak Tuhan. Hari ini mari periksa diri kita, adakah sesuatu hal yang sebenarnya bisa kita capai namun tidak kita peroleh karena kemalasan kita. Seperti kata firman Tuhan, agar dalam hidup ini kita mengerjakan dengan sekuat tenaga setiap apa yang dijumpai oleh tangan kita dan melakukannya seperti untuk Tuhan. Kita ini adalah buatan Tuhan, yang diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang telah dipersiapkan Allah sebelumnya, dan Tuhan mau supaya kita hidup di dalamnya” (Efesus 2:10). Jika kita belum mencapainya, mari tanggalkan setiap kemalasan agar kita bisa maksimal dengan setiap potensi yang Tuhan karuniakan, sehingga berkat-berkat yang sudah Ia sediakan bagi kita boleh kita dapatkan. [RS]

REFLEKSI DIRI

1. Adakah sesuatu hal yang sebenarnya bisa Anda capai namun tidak memperolehnya karena kemalasan kita untuk mencapainya?
2. Langkah apa yang akan Anda lakukan untuk menaklukkan kemalasan?

POKOK DOA

Tuhan, aku sadar Engkau menyediakan masa depan yang baik dan rancangan-Mu indah dalam hidupku. Mampukan aku Roh Kudus, untuk gigih dalam mencapainya dan membuang kemalasan yang bisa menghalangi berkat-berkat-Mu dalam hidupku. Dalam nama Tuhan Yesus, Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Kerjakan dengan sekuat tenaga setiap apa yang dijumpai oleh tangan kita dan lakukanlah itu seperti untuk Tuhan.

HIKMAT HARI INI

“Kemalasan sama halnya dengan kita tidak menghormati kuasa dan kekuatan Roh Tuhan yang telah tinggal di dalam kita.” – David Mathis
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com