USE YOUR TIME WISELY

Minggu,14 November 2021

BACAAN ALKITAB HARI INI

Yohanes 9:4

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

Yohanes 9:4

RENUNGAN INSPIRASI

Salah satu topik yang dapat kita perhatikan dari bacaan Alkitab hari ini adalah tentang waktu. Memang sulit mendefinisikan waktu, yang jelas waktu adalah pencatat terbaik dari setiap hal yang kita perbuat. Dari perkataan Yesus kepada murid-murid-Nya, kita tahu bahwa Ia sendiri memiliki kesadaran tinggi atas waktu dan pekerjaan yang harus dituntaskan-Nya di dunia.
Kita pun sebagai murid-murid Yesus, dituntut untuk hidup bijaksana atas waktu. Di jaman percepatan seperti saat ini, banyak orang burn out bahkan frustasi dengan waktu. Rentang waktu 24 jam sehari dirasa tidak dapat memfasilitasi beribu tanggung jawab kita. Jika tidak bijaksana, akan ada banyak tugas yang tidak maksimal bahkan terabaikan, dan akhirnya kita tidak dapat menghindari kelalaian yang menghancurkan diri sendiri. Kita harus ingat pesan firman Tuhan, yaitu hidup seperti orang arif dalam hal pengelolaan waktu. Kita harus menjadi bendahara yang baik atas waktu dan tanggung jawab yang Tuhan percayakan kepada kita. Firman Tuhan dalam banyak kesempatan menganjurkan skala prioritas, tak terkecuali dalam pekerjaan. Lakukanlah hal berdasarkan urutan kepentingannya. Untuk kebijaksanaan waktu dan tanggung jawab, kita bisa melihat kisah industrialis Charles M. Schwab. Suatu hari Schwab merasa kurangnya efisiensi dan tingkat keberhasilan dalam menyelesaikan segala pekerjaannya. Sampai pada titik tertentu, pendiri Standard Oil Company, John D. Rockefeller merekomendasikan seseorang bernama Ivy Lee yang tidak lain adalah anak penulis dan pendeta James Widerman Lee. Proposal yang diberikan Ivy Lee kepada Schwab cukup sederhana. Ia meminta Schwab membuat daftar dari enam hal terpenting yang dapat ia lakukan esok hari. Di penghujung hari, Schwab harus meninjau ulang daftar tersebut, dan memindahkan daftar yang belum selesai ke bagian paling atas dari daftar untuk hari berikutnya, sembari menambahkan tugas baru yang harus diselesaikan sampai menjadi enam daftar lagi. Pertemuan itu berakhir dalam waktu lima belas menit. Lee memberi tahu Schwab untuk melakukan praktik ini dan mengiriminya pembayaran berdasarkan efektivitas yang Schwab rasakan. Tiga bulan berakhir, Schwab mengirimi Lee cek senilai $ 25.000 di tahun 1918. Coba praktikkan hal yang sama, supaya kita dapat lebih bijak memakai waktu yang terbatas untuk lebih produktif. [LS]

REFLEKSI DIRI

1. Pernahkah pekerjaan Anda menjadi tidak maksimal dan terabaikan? Apa masalahnya?
2. Apa tindakan nyata yang dapat Anda lakukan sebagai bentuk menjalani hidup dengan bijaksana dalam konteks pekerjaan?

POKOK DOA

Bapa, terima kasih untuk hikmat yang Kau beri. Dengan pengertian itu, aku mau mengembangkan akal budi dan pengertian. Aku bertekad untuk hidup dengan saksama, seperti orang arif. Di dalam nama Yesus aku berdoa, Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Hal terpenting yang harus pertama-tama kaulakukan ialah berusaha menjadi bijaksana. Apa pun yang kaukejar, yang terutama ialah berusahalah untuk mendapat pengertian (Amsal 4:7 FAYH). Pengertian yang kita dapatkan hari ini mendorong kita untuk mempraktikkan skala prioritas dengan membuat enam daftar kewajiban yang harus diselesaikan.

HIKMAT HARI INI

“Write down the most important things you have to do tomorrow.” -Ivy Lee
"Tuliskan hal terpenting yang harus kamu lakukan besok."
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com