WE HAVE TO GO TO CHURCH

Minggu,28 November 2021

BACAAN ALKITAB HARI INI

Kisah Para Rasul 2:42-47

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

Kisah Para Rasul 2:46

RENUNGAN INSPIRASI

Dapatkah seseorang menjadi seorang Kristen tanpa terhubung dengan gereja? Itu layaknya seorang siswa yang tidak pernah bersekolah, seorang pemain sepak bola tanpa tim, seorang prajurit yang tidak pernah bergabung dengan satuan militer, seorang penulis tanpa pembaca, dan seorang pemain tuba tanpa orkestra. Di Amerika, Pew Research Center mengemukakan alasan teratas seseorang tidak menghadiri rumah ibadah, yaitu “Saya mempraktikkan keyakinan saya dengan cara lain”. Ini artinya ada kekeliruan dan ketidakpahaman dari esensi atas keyakinan itu sendiri. Padahal salah satu cara penting bagi seorang Kristen untuk mempraktikkan keyakinannya adalah dengan menghadiri gereja.
Hari ini mari kita benarkan cara kita mempraktikkan keyakinan kita. Kehadiran di gereja bukan sekedar saran, tapi itu kehendak Tuhan bagi orang percaya. Bacaan Alkitab hari ini memperlihatkan teladan dari cara hidup jemaat mula-mula. Mereka membaktikan diri di dalam persekutuan dan pada pengajaran para rasul. Mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa. Orang percaya mengalami pertumbuhan di dalam persekutuan dengan orang percaya lainnya dan dalam pengajaran firman Tuhan. Hal itu terbukti bahwa mereka disukai semua orang dan tiap-tiap hari Tuhan menambah jumlah mereka. Itulah sebabnya persekutuan bersama Allah adalah persekutuan terbaik yang dapat kita miliki satu sama lain sebagaimana bunyi 1 Yohanes 1:3 versi Firman Allah yang Hidup, "supaya Saudara ikut serta dalam persekutuan dan sukacita yang kami alami dalam Bapa dan Yesus Kristus, Anak-Nya." Oleh sebab itu, kita semua membutuhkan gereja. Terlepas dari semua kekurangan dan ketidaksempurnaannya, Anda tetap membutuhkan gereja. Anda membutuhkannya karena pekerjaan Tuhan di bumi adalah melalui gereja-Nya. Anda membutuhkannya karena Kerajaan Allah lebih besar dari Anda. Anda membutuhkannya karena sama seperti gereja, Anda juga perlu terus dibenahi. Anda membutuhkan gereja untuk menyegarkan dan menghubungkan Anda kembali kepada Tuhan dan juga sesama dalam persekutuan. [LS]

REFLEKSI DIRI

1. Apa alasan Anda tidak menghadiri gereja? Apakah Anda merasakan perbedaan ketika beribadah di gereja secara bersekutu?
2. Bagaimana menurut Anda tentang pentingnya kehadiran di gereja? Apakah minggu ini Anda akan mulai menghadiri gereja?

POKOK DOA

Bapa, aku sadar bahwa persekutuan adalah kehendak-Mu. Ampuni aku yang selalu mencari alasan untuk tidak hadir di gereja. Aku mau berkomitmen untuk terus datang ke gereja, melayani-Mu, dan bersekutu dengan saudara seiman. Di dalam nama Yesus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Hadirilah gereja, bergabunglah dalam pelayanan dan komunitas rohani.

HIKMAT HARI INI

“Church attendance is as vital to a disciple as a transfusion of rich, healthy blood to a sick man.” -Dwight L. Moody
Kehadiran di gereja sama pentingnya bagi seorang murid seperti transfusi darah yang kaya dan sehat kepada orang yang sakit.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com