WASPADALAH, IBLIS ITU NYATA!

Senin,29 November 2021

BACAAN ALKITAB HARI INI

Wahyu 12:9

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

1 Petrus 5:8

RENUNGAN INSPIRASI

Di dalam Alkitab, kita dapat menemukan beberapa kali interaksi antara Yesus dengan Iblis. Kita dapat melihatnya melalui kisah pencobaan di padang gurun (Matius 4), Yesus menyembuhkan orang-orang yang kerasukan roh jahat (Matius 4:24), Yesus mengusir roh jahat (Matius 8:16), dan lain sebagainya. Untuk kita yang hidup di dunia modern saat ini, sepertinya kita jarang melihat fenomena semacam ini secara langsung. Sumber terdekat mungkin internet, buku-buku, atau kita hanya melihat tanda-tanda Iblis secara simbolis. Namun demikian, kita harus menyadari bahwa Iblis dapat mengambil bentuk yang lebih duniawi sekaligus berbahaya. Di sinilah orang percaya seringkali lengah dan terjebak.
Pada zamannya, Agustinus adalah salah seorang yang mengkritisi hiburan tontonan gladiator, perburuan hewan buas, bahkan eksekusi massal yang ditampilkan di Colosseum dan amfiteater yang tersebar di kota-kota di kekaisaran Romawi. Ini dihadirkan untuk tujuan hiburan dan kesenangan. Di dalam karyanya yang berjudul “The City of God Against the Pagans”, Agustinus menyatakan bahwa setan-setan senang dengan hiruk pikuk permainan, kekejaman yang terjadi di amfiteater. Semua itu seperti mempersembahkan dupa kepada setan-setan, karena roh-roh penipu bersukacita dalam rayuan; mereka berpesta dengan kebiasaan jahat dan kehidupan yang keji dari orang-orang yang telah mereka sesatkan. Sekarang mari kita renungkan, permainan gladiator pada masa itu tampaknya biasa, bersifat sehari-hari, dan dikemas sebagai bentuk hiburan masyarakat. Tapi Agustinus mengidentifikasi pekerjaan Iblis. Ini menjadi pertanyaan kita, apakah dalam budaya kita saat ini yang terlihat biasa dan sehari-hari, tetapi ternyata mencirikan pekerjaan Iblis. Hiburan kita saat ini dikemas dengan sangat apik. Tapi berapa banyak video game berisikan kekerasan, berapa banyak tontonan hiburan kita berisikan kekejian, berapa banyak orang berpartisipasi dalam acara televisi yang melanggar moral. Kita harus menarik batas yang jelas antara hal-hal yang benar dan salah sekalipun itu terlihat samar. Periksa dan selalu waspada tentang apa tujuan dari hiburan kita, jika itu tidak bermanfaat dan mengandung hal-hal yang bertentangan dengan firman Allah, segera hentikan. Jangan sampai kita terjebak dengan permainan Iblis dan malah menyesuaikan diri dengan pola dunia yang tampaknya biasa-biasa saja. [LS]

REFLEKSI DIRI

1. Apa hiburan Anda sehari-hari? Apakah ada hal dari hiburan tersebut yang sebenarnya sering bertentangan dengan iman kita?
2. Bagaimana Anda dapat memastikan hiburan yang tepat bagi Anda dan keluarga?

POKOK DOA

Tuhan, terkadang aku lupa bahwa Iblis berjalan di sekitarku menunggu ketika aku lengah. Aku mohon Roh Kudus pimpin hidupku, supaya aku jangan sampai terjebak dengan tipu muslihatnya. Terima kasih Yesus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Tarik batas antara hal yang benar dan salah. Periksa bentuk hiburan Anda apakah mengandung kekerasan, tipu daya, gosip, dan hal-hal yang bertentangan dengan iman kita. Jika ada, berhenti menghibur diri dengan itu.

HIKMAT HARI INI

Waspadalah! Iblis dapat mengambil bentuk yang lebih duniawi namun berbahaya.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com