LOVING THE CHURCH

Selasa,30 November 2021

BACAAN ALKITAB HARI INI

Efesus 5:25-27

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

Efesus 5:29-30

RENUNGAN INSPIRASI

Hari-hari ini ada banyak orang yang berpaling dari gereja. Mereka mungkin memiliki banyak alasan untuk melakukannya. Entah itu atas ketidaksempurnaan dan kekurangan gereja. Mereka mungkin merasa telah dikecewakan atau disakiti, atau karena mereka telah kehilangan esensi dari gereja. 
Namun Kristus tidak pernah berhenti mengasihi gereja karena kasih Kristus kepada gereja tidak didasarkan pada apa pun di dalam gereja itu sendiri. Hubungan-Nya dengan gereja-Nya didasarkan pada kasih, kebenaran, dan pengorbanan-Nya sendiri. Karena kasih-Nya kepada gereja, Ia berbagi hidup dan kemuliaan-Nya dengan gereja. Ia tidak pernah meninggalkan gereja. Ia terus-menerus menguduskan gereja agar gereja semakin memuliakan nama-Nya. Betapapun tidak sempurnanya gereja, di mata Kristus, gereja adalah hal yang paling indah di dunia ini. Inilah sebabnya kita juga harus mengasihi gereja. Memang, gereja terdiri dari orang-orang yang jauh dari sempurna. Namun kita harus berjuang agar gereja berpegang teguh pada perintah Kristus dan terus bertumbuh di dalam orang-orang percaya. Bagaimana kita melakukannya? Ketika kita menghabiskan waktu dengan komunitas orang percaya, ketika kita makan bersama dalam nama Yesus, ketika kita saling melayani, ketika kita berkomitmen pada gereja lokal kita; kita akan mengalami pertumbuhan kasih untuk kemuliaan Tuhan. Tetapi ini tidak terjadi secara instan, dibutuhkan kesabaran. Kita juga harus menyediakan waktu untuk berdoa. Setiap hari kita membawa harapan, keluh kesah, dan keinginan kita kepada Tuhan dan berusaha mengetahui jalan-jalan-Nya. Berdoa agar kita mendapat hikmat-Nya setiap hari dan hidup sebagai pengikut Kristus yang setia, sehingga kita dapat berpegang teguh pada semua yang baik dan membawa kemuliaan bagi-Nya. Ketika kita tumbuh lebih dekat dengan Kristus, kasih kita kepada gereja juga akan bertumbuh. Jangan tinggalkan gereja karena luka yang disebabkan oleh orang-orang di dalamnya. Yesus menumpahkan darah-Nya untuk Gereja. Yesus menumpahkan darah-Nya untuk kita. Bagaimana kita bisa berpaling dari apa yang Ia tetapkan dan gunakan untuk menunjukkan kasih karunia-Nya? Semoga kita terus melayani di dalam gereja dan bertumbuh dalam komunitas sehingga kita juga menunjukkan kasih karunia-Nya. [EH]

REFLEKSI DIRI

1. Pernahkah Anda sakit hati karena perlakuan dari orang-orang di gereja Anda? Apa yang Anda lakukan saat itu terjadi?
2. Apakah Anda mengasihi gereja Anda? Apa yang Anda lakukan sebagai ungkapan kasih Anda?

POKOK DOA

Tuhan Yesus, terima kasih untuk kasih-Mu yang begitu besar bagi kami, gereja-Mu. Ajar kami untuk semakin mengasihi orang-orang di dalam keluarga Tuhan, dan biarlah gereja semakin bertumbuh untuk menjangkau jiwa-jiwa bagi kemuliaan nama-Mu. Dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Berkomitmen untuk tertanam di gereja lokal, berkomunitas, dan juga berusaha untuk terus bertumbuh di dalam Tuhan melalui pelayanan.

HIKMAT HARI INI

“Di mana pun kita melihat Firman Tuhan diberitakan, di sana ada gereja Tuhan, bahkan jika dipenuhi dengan banyak kesalahan.” - John Calvin
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com