THE SIGN OF CONFORMITY WITH THE WORLD

Minggu,23 Januari 2022

BACAAN ALKITAB HARI INI

Kejadian 19:1-29

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

Roma 12:2

RENUNGAN INSPIRASI

Lot pindah ke dekat Sodom untuk mengejar penghidupan yang lebih baik (Kejadian 13:10-13). Secara finansial, Lot berhasil. Ia memiliki kediaman di kota yang makmur (Yehezkiel 16:49). Ia mungkin menempati posisi penting di kota itu, seperti yang Alkitab katakan bahwa Lot duduk di pintu gerbang Sodom. Namun pada akhirnya, ia harus melarikan diri dari kota itu, kehilangan istrinya, bersembunyi di sebuah gua dengan kedua putrinya yang membuatnya mabuk dan melakukan inses dengannya. Lot menjadi pria yang menyedihkan setelah berusaha mendapatkan hidupnya sendiri.
Sodom adalah gambaran dunia tanpa Tuhan. Sodom canggih dan menarik, tapi di sisi lain sangat menjijikkan. Sodom melakukan dosa secara terang-terangan (Yesaya 3:9; Yeremia 23:14). Bacaan Alkitab kita memperlihatkan betapa mereka, pria muda dan tua hidup memuaskan nafsu, bahkan secara homoseksual (Kejadian 19:5). Sekarang kita lihat kehidupan Lot yang menunjukkan beberapa tanda penyesuaian dengan pola dunia. Lot pindah ke Sodom dengan tujuan yang sama dengan orang-orang "dunia" yang tinggal di Sodom. Dalam keadaan darurat, Lot mencegah sebuah kejahatan dengan menyarankan kejahatan lain saat ia menawarkan kedua putrinya kepada lelaki di kota Sodom. Lot juga harus segera pergi agar tidak mati lenyap. Tetapi Lot bimbang, sekalipun nyawanya dipertaruhkan. Ketika Lot hidup menjadi serupa dengan dunia dan mengalami hal-hal yang menyedihkan, harusnya ini menjadi pelajaran bagi kita. Yohanes mengatakan bahwa keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup berasal dari dunia ini. Hati-hati jika standar moral Anda mudah diombang-ambingkan. Hati-hati jika Anda takut kehilangan kenyamanan Anda. Hati-hati jika Anda hidup dengan tujuan yang sama dengan dunia. Perhatikan Roma 12:2 versi Phillips yang berbunyi, "Jangan biarkan dunia di sekitar Anda menekan Anda ke dalam cetakannya sendiri." Penuhi diri dengan firman Tuhan, sebab firman itulah yang memperbaharui budi dan membantu kita membedakan mana kehendak Allah, yang baik, yang berkenan, dan yang sempurna. [LS]

REFLEKSI DIRI

1. Apa ciri dari kesesuaian dengan pola dunia? Apakah ada ciri yang melekat pada Anda?
2. Bagaimana Anda melawan tanda-tanda kesesuaian dengan pola dunia?

POKOK DOA

Tuhan, terima kasih telah menyadarkan beberapa hal dalam perilakuku yang mulai menyesuaikan dengan pola dunia. Aku tidak mau mati lenyap dengan dunia ini. Aku mau terus waspada dengan memegang ketetapan-Mu dalam hati dan pikiranku. Tuntun langkahku Tuhan, agar masaku di dunia berkenan kepada-Mu. Haleluya, Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Jangan biarkan dunia di sekitar Anda menekan Anda ke dalam cetakannya. Penuhi hati dan pikiran kita dengan firman Allah, supaya kita tetap peka terhadap apa yang baik dan buruk di mata-Nya.

HIKMAT HARI INI

“Whenever you find yourself on the side of the majority, it is time to pause and reflects.” -Mark Twain
Kapan pun Anda berada di pihak mayoritas, itulah saatnya untuk berhenti sejenak dan merenung.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com